Molnupiravir, Obat yang Bikin Covid-19 Bakal Jadi seperti Flu Biasa

oleh -1.659 views
molnupiravir-obat-covid
Molnupiravir. Foto: Shutterstock

Perbedaan antara struktur nukleotida asli dan Molnupiravir tampaknya terlalu halus untuk memicu pengangkatan oleh fungsi perbaikan eksonuklease dari polimerase virus, sebuah fungsi yang telah membingungkan banyak inhibitor nukleosida lainnya.

Sebagaimana dirinci dalam siaran pers oleh Merck & Co seperti dilansir Forbes, hasil awal dari uji coba ini menjanjikan. Uji coba itu terdiri dari orang dewasa yang tidak dirawat di rumah sakit yang memiliki gejala Covid-19 dalam tujuh hari dan dikonfirmasi terinfeksi SARS-CoV-2.

Rincian yang dirilis menunjukkan bahwa Molnupiravir dalam dosis penuhnya mendorong pengurangan hari negatif untuk virus dalam usap nasofaring yang diambil dari peserta dengan gejala infeksi SARS-CoV-2.

Lima hari setelah pemberian dosis, 0% dari mereka yang menerima dosis positif terkena virus (0/47) dibandingkan dengan 24% dari kelompok plasebo (6/25).

Meskipun rincian dan ukuran penelitian terbatas, penurunan panjang infeksi yang dapat diukur adalah signifikan, karena infeksi yang lebih pendek dapat menghasilkan kemungkinan penularan atau gejala yang lebih kecil.

Dengan klaim 5 hari bisa sembuh dengan obat ini, juga dengan penularan yang bisa dicegah meluas, tentu covid-19 bakal menjadi penyakit biasa. Dan tidak menutup kemungkinan bisa diobat di rumah, layaknya flu. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *