Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Nias Barat Akibat Aktivitas Tektonik

oleh -52 views
Ilustrasi gambar seismograf atau pengukur gempa bumi. Foto: istimewa

JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang Nias Barat, Sumatera Barat, Rabu (14/4) sekitar pukul 17.55 WIB. BMKG menyebutkan, gempa dengan kedalaman 10 KM terswbug akibat aktivitas tektonik.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengataan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14 lintang utara (LU) dan 96,65 bujur timur (BT). Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km arah barat daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

“Memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Yakni akibat aktivitas tektonik di zona outer-rise,” jelas Bambang Setiyo Prayitno di Jakarta, Rabu (14/4) malam.

Hasil analisis menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Meski begitu, BMKG meminta masyarakat tenang dan tidak terpengaruh oleh isu liar yang beredar. Namun, tetap harus waspada,” tutupnya. (rh/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *