Mendag Dan Ridwan Kamil Pantau Harga Kebutuhan Pokok

oleh -27 views
Pemantauan harga kebutuhan pokok/Ist

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil menemani kunjungan kerja Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi dan Sederhana, Kota Bandung.

“Di hari pertama shaum ini kehadiran pak menteri perdagangan yang sudah jauh-jauh untuk memastikan ibu ibu tenang dan harga harga wajar terpantau. Kami tadi sudah mengecek satu di Pasar Kosambi, satu lagi Pasar Sederhana,” ucap Emil, sapaan akrabnya, dilansir dari kantor berita RMOLjabar Selasa (13/4).

Emil menyebut, dalam pantaunnya ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Namun, menurutnya hal tersebut masih relatif aman.

“Beliau (Mendag) akan memantau selama bulan shaum ini sampai lebaran memang kadang-kadang ada kenaikan wajar ya, yang penting kenaikannya bisa ditoleransi oleh ibu ibu se-Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bandung, relatif stabil pada hari pertama puasa Ramadan 2021.

“Jadi kita sudah liat Pasar Kosambi ini adalah pasar premium di tengah kota jadi memang mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda dengan pasar induk dan pasar tradisional. Kita bisa liat secara kesuluruhan bahwa harga barang pokok dan barang penting ini sebenarnya stabil apalagi melihat dari bulan Januari kemarin,” tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan penurunan. Komoditas kebutuhan pokok yang harganya mengalami kenaikan di Pasar Kosambi adalah minyak goreng.

“Saya bisa lihat yang naik itu adalah minyak goreng seperti diketahui minyak goreng ini feedstock-nya adalah CPO. CPO-nya hari ini harganya hampir 40 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” katanya.

“Oleh sebab itu saya akan berkoordinasi dengan industri memastikan adanya suplay yang lebih dalam puasa ramadan ini supaya harganya tidak terlalu tinggi naiknya. Akan segera kita laksanakan mudah mudahan minggu depan kita lihat penurunannya,” tambahnya.

Sementara harga kebutuhan pokok yang stabil di antaranya gula dan beras jenis premium dan medium bahkan harga beras di Kota Bandung lebih rendah dibandingkan harga eceran nasional.

“Begitu juga dengan gula, saya melihat harganya stabil di sini mudah-mudahan kita bisa berpuasa ramadan tahun ini dengan tenang dan lebaran hari raya juga dengan tenang karena harganya terjangkau,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *