Banyak PJU Mati di Kabupaten Cirebon, Begini Jawaban Dishub

oleh -251 views
pju-kabupaten-cirebon
PJU di kawasan perkantoran Sumber, Kabupaten Cirebon. Foto: Andri Wiguna/Radar Cirebon

CIREBON – Banyak lampu penerangan jalan umum (PJU) mati alias tidak berfungsi di wilayah Kabupaten Cirebon. Selain itu, jumlahnya dinilai masih kurang banyak.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, H Denny Supdiana SE MSi menjelaskan, target pengadaan PJU masih belum tercapai. Mengingat, anggaran yang ada terbatas.

Di samping itu, Dishub sendiri memiliki prioritas anggaran. “Karena kan tidak mungkin juga, semua anggaran Dishub dialokasikan untuk PJU semua. Banyak kebutuhan lainnya,” terangnya, di hadapan Pansus III DPRD Kabupaten Cirebon.

Diungkapkan dia, untuk kebutuhan PJU saat ini masih banyak. Ada di kisaran angka 17 ribu unit lagi. Setiap tahunnya, tidak mungkin akan tercapai.

Mengingat kemampuan daerah maksimal per tahunnya hanya 2.000 sampai 3.000 unit.

Di tahun 2020 lalu, kata Denny, pihaknya hanya bisa melakukan pemulihan. Untuk pemasangan baru, tidak ada.

“Kemarin kita hanya pemulihan. Ada 1.000 unit. Tapi untuk pemasangan baru, kemarin kita nol. Karena ada pemotongan anggaran kan,” tuturnya.

Kendati demikian, harapannya ke depan, pihaknya bisa meningkatkan kebutuhan PJU. Terutama di daerah-daerah perbatasan yang minimnya penerangan.

“Kita akan menginventarisir untuk nanti kita sampaikan juga ke komisi III. Yang pasti daerah perbatasan akan kita prioritaskan,” pungkasnya. (sam)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *