Kapal Terbakar, 16 ABK Asal Indramayu, Subang dan Brebes Sempat Terombang-ambing di Laut Jawa

oleh -705 views
kapal-terbakar-indramayu
Kapal ikan Bintang Jaya Mandiri yang membawa 16 ABK asal Kabupaten Indramayu, terbakar di perairan utara Jawa Barat (Jabar), Kamis (15/4/2021). Foto: IST

INDRAMAYU – KM Bintang Jaya Abadi terbakar di Laut Jawa. Kapal Ikan itu membawa 16 orang ABK asal Kabupaten Indramayu, Subang dan Brebes.

Beruntung seluruh ABK dapat diselamatkan oleh Kapal Tanker MT MC Queen Majesty dengan tujuan  pelabuhan khusus TPPI Tuban. Saat ini seluruh ABK masih dalam perjalanan menuju ke Pelabuhan milik Pertamina tersebut, Jumat (16/04).

Menurut keterangan yang dihimpun Radar Indramayu, Kapal MT Queen Majesty menemukan kapal nelayan yang terbakar dan karam, dan 16 orang awak kapal terombang ambing di perairan Laut Jawa.

Kemudian pada Pukul 15.00 WIB Kamis (15/4/2021) Kapal MT Queen Majesty melakukan penyelamatan 16 orang awak kapal nelayan tersebut ke atas Kapal MT Queen Majesty.

16 orang awak kapal nelayan tersebut dibawa ke Tuban (Jatim) estimasi dengan sampai ke Tuban Jumat (16/04) pukul 11.00 WIB.

Berikut data Korban ada 12 orang warga Asal Indramayu Ramin, Nono Cahyono, Sugeng Apriana, Agus Gunawan, Rasuadi, Candra Suraya, Dede Sumantri, Didi, Agus, Sarman, Saeful, Caswanto.

Satu warga asal Subang Rio Prabowo. Lalu 3 Warga Asal Brebes Supriayanto, Jainal, dan Selamet Sanuri. Tidak ada korban Jiwa dalam insiden ini.

ABK tersebut kemudian dievakuasi ke Tuban (Jatim), melakukan proses pemeriksaan kesehatan, selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial Tuban Jawa Timur.

Selanjutnya, melakukan koordinasi dari Pemerintah Tuban Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Indramayu Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Subang terkait teknis penjemputan awak kapal nelayan tersebut.

Unsur yang terlibat dalam insiden ini antara lain PT Caraka Tirta Pratama merupakan perusahaan yang menaungi kapal MT Queen Majesty, Basarnas Kansar Jatim, Basarnas Kansar Bandung c.q Kansar Cirebon,  Pemkab Tuban Jatim, Pemkab Brebes Jateng, Pemkab Indramayu Jabar serta, Pemkab Subang Jabar.

 Personil yang bertugas melibatkan kapten dan kru Kapal MT Queen Majesty  dan Dinkes Tuban Jatim.

Untuk diketahui sumber informasi berasal dari Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Kabupaten Indramayu. (jml)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *