Pemerintah Daerah Tak Pernah Dilibatkan dalam Pemekaran Wilayah Timur Cirebon

oleh -997 views
Hermanto SH, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon

RENCANA pembentukan Kabupaten Cirebon Timur selama ini ternyata belum sampai di DPRD Kabupaten Cirebon. Artinya belum ada data resmi dari Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT).

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto SH mengatakan pembentukan WTC dipastikan sulit terwujud. Sebab gerakan itu baru sebatas “ramai” di KPCT.

Sementara pemerintah daerah tidak pernah terlibat, apalagi mengusulkan pemekaran wilayah.

“Dukungan secara formal dari ekskutif dan legislatifnya saja gak ada. Tidak mungkin bisa. Meskipun KPCT sudah melakukan lobi dengan pemerintah provinsi,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk data usulan pemekaran WTC yang masuk ke DPRD rasanya tidak ada. Yang ada hanya meminta dukungan secara personal kepada anggota legislatif. Khususnya dari dapil WTC.

“Kalau sebatas dukung sih banyak. Tapi itu kan tidak resmi. Bentuk rekomendasi secara kelembagaan tidak ada, baik dari eksekutif maupun legislative,” paparnya.

Mungkin, kata Hermanto, pemerintah daerah belum berkehendak melakukan pemekaran dengan berbagai pertimbangan. Apalagi pemekaran itu bagian dari produk politik.

“Jadi kalau saya tarik garis besarnya, kemungkinan untuk pemekaran WTC masih jauh. Atau bisa jadi tidak sampai dimekarkan. Saking alotnya  dalam penyamaan persepsi,” pungkasnya. (sam)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *