Dishub Sidak ke Sejumlah PO Bus, Periksa Sistem Keselamatan Pengepoerasian Kendaraan

oleh -93 views
Dishub-Kabupaten-Cirebon-Sidak-PO-Bus
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon melakukan sidak ke sejumlah garasi PO bus yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon, Selasa (20/4). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon melakukan sidak ke sejumlah garasi PO bus yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon, Selasa (20/4).

Sidak dilakukan untuk memastikan sistem keselamatan dalam pengoperasian bus. Pantauan radarcirebon.com di PO bus Sahabat yang berada di jalur Pantura Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, petugas Dishub Kabupaten Cirebon melakukan Ramph Check bus yang masih beroperasi saat ini.

Ramp check tersebut meliputi pengecekan sistem pengereman, kemudi stir, lampu, hingga ban dan sebagainya.

“Meski pemerintah melarang mudik, namun ramp check tetap dilakukan untuk menjamin sistem keselamatan dalam operasi angkutan massal,” ujar Kepala Bidang Keselamatan Dishunlb Kabupaten Cirebon, Eddy Suzendi kepada radarcirebon.com, Selasa (20/4).

Sementara itu, kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah dinilai sangat memberatkan pengusaha jasa transportasi.

Menurut Asep selaku HRD PO Bhinneka, larangan mudik tersebut diprediksi akan merugikan mencapai ratusan juta rupiah.

“Selama pendemo, jasa angkutan sudah mengalami penurunan omset. Larangan mudik ini akan berdampak kepada penghasilan pengelola, sopir, kondektur, montir dan lainnya. Rencananya, para pengusaha jasa transportasi akan berkoordinasi dengan Organda dan pihak lainnya untuk meminta solusi. Salah satunya soal kompensasi dan lainnya jika operasional terhenti,”ujarnya. (rdh)