Bukan Hanya Nama Jalan, Ada Sekolah Kartini yang Didirikan di Cirebon

oleh -6.383 views
sekolah-kartini-cirebon
Aula Sekolah Kartini Cirebon. Foto: Repro

Sekolah kecil kami sudah tujuh orang muridnya dan masih ada juga permintaan yang datang. Senang sekali, bahagia sekali. (Surat Kartini kepada Nyonya R M Abendanon-Mandri, 4 Juli 1903)

BANYAK yang menyangsikan kepahlawanan Raden Ajeng Kartini. Sebab ia tak pernah angkat senjata. Ia juga bukan pegiat pergerakan.

Apalagi mengikuti partai politik dan berperan di pemerintahan. Namun, himpunan surat-suratnya menyuarakan sesuatu. Pergulatan batinnya atas emansipasi dan pendidikan kaum wanita.

Semasa hidupnya, Kartini telah merintis sekolah-sekolah untuk wanita yang ia dirikan di Jepara pada 1903, kemudian di Rembang setahun berselang.

Melalui surat-suratnya yang diterbitkan JH Abendanon, banyak yang terinspirasi untuk melanjutkan cita-citanya. Kemajuan pendidikan perempuan bumi putera.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid dalam buku 100 Tahun Sekolah Kartini Cirebon 1916-2016 menyebutkan, berdasarkan sejarah Sekolah Kartini atau kini SD Kartini pertama kali berdiri atas inisiatif vam Deventer di Semarang pada 1913. Yang jadi penanda babak baru pendidikan wanita bumi putera.

Untuk kali pertama wanita mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di bangku sekolah. Juga menerima bekal keterampilan. Tak lama setelah itu, bermunculan Sekolah Kartini di tempat lain. Rembang, Jepara, juga Cirebon.

Sebagian dari sekolah-sekolah ini telah bertahan lebih dari 100 tahun. Termasuk Sekolah Kartini Cirebon yang beralih nama menjadi SDN Kartini.

“Warga Cirebon pantas bangga. Ada sebuah sekolah di bawah naungan Kartini, masih bertahan dan akan terus melangka maju ke depan,” tulis Hilmar dalam sambutannya di buku itu.

Arsitek kenamaan tanah air, Bambang Eryudhawan menyadur sejumlah arsip Sekolah Kartini di Nationaal Archief di Den Haag, Belanda, dengan bantuan penerjamahan oleh Sriati Soerasno, gamblang menceritakan pendirian Sekolah Kartini di Cirebon.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *