Ini Dia, Ruang Kreatif Pemberian Gubernur untuk Cirebon, Silakan untuk Pameran, Olahraga dan Lain-lain

oleh -5.345 views
gedung-creative-center-cirebon
Gedung Creative Center Cirebon.

CIREBON – Gedung Creative Center atau Ruang Kreatif dipersembahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk warga Cirebon dan sekitarnya.

Gedung itu menjadi karya arsitek Ahmad Djuhara. Setahun sebelum gedung tersebut diresmikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada Rabu (21/4/2021), Djuhara mengembuskan napas terakhir.

Untuk menghormati sang arsitek, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– memberi nama Gedung Creative Center tersebut dengan Ruang Kreatif Ahmad Djuhara.

Kang Emil berharap dengan nama tersebut, semangat kreativitas yang terus dikobarkan Djuhara selama hidup merambat kepada generasi muda Jabar, khususnya Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

Ruang kreatif tersebut berada di Gedung Negara, Jl Slamet Riyadi, Kota Cirebon.

“Ada keharuan karena arsitek gedung ini adalah guru dan senior saya. Ketua arsitek se-Indonesia. Dari ribuan, ketuanya itu almarhum, namanya Ahmad Djuhara, yang senang dengan hal-hal inspiratif,” kata Kang Emil saat meresmikan Gedung Creative Center Jabar di Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021).

“Saya beri nama Ruang Kreatif Ahmad Djuhara untuk memberikan semangat bahwa yang menciptakan sampai dia berpulang adalah orang kreatif. Maka, yang mengaktifkan ruang ini juga harus timbul-timbul api kreatif seperti yang mengarsitekinya,” imbuhnya.

Djuhara merupakan Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) periode 2018-2021. Selama berkarier di dunia arsitektur, Djuhara meraih sejumlah penghargaan.

Salah satunya Penghargaan III-Maket Terbaik dari International Architecture Biennale Rotterdam 2005 untuk Maket Batavia 1681.

Karya Djuhara yang melekat di dunia arsitektur Indonesia adalah Rumah Baja Wisnu. Hingga kini, karya tersebut masih berdiri dan sering dijadikan kajian studi mahasiswa arsitektur maupun arsitek pemula.

Kang Emil tak ingin  gedung dengan luas lahan 27.315 meter persegi sampai kosong alias tidak digunakan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *