Jawa Barat Harus Berdaulat Pangan

oleh -88 views
KE INDRAMAYU: Presiden RI, Joko Widodo melakukan kunjungan dan panen raya di Kabupaten Indramayu. FOTO:anang syahroni/RADAR CIREBON

INDRMAYU – Kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Indramayu membuktikan Jawa Barat sebagai salah satu daerah lumbung pangan penting di Indonesia. Oleh karena itu, ia meminta kebijakan pemerintah daerah harus sejalan dengan upaya meningkatkan kedaulatan pangan.

Hal tersebut disampaikan, Anggota DPRD Jawa Barat dari fraksi PDIP, Bambang Mujiarto ST saat ditemui Radar, kemarin. Menurut Bambang, persaingan dengan bangsa lain di masa datang adalah persaingan mengenai persoalan pangan. Oleh karena itu, Indonesia yang secara geografis sangat ideal untuk bercocok tanam setidaknya meningkatkan produktivitas pertanian agar Indonesia berdaulat pangan.

“Jawa Barat saat ini menjadi salah satu lumbung pangan, ini harus dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan. Jawa Barat harus berada digaris terdepan dalam gerakan kedaulatan pangan,” ujarnya.

Yang tak kalah penting menurut dia, keberlangsungan petani yang diprediksi akan punah oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2063. Ini harus dijadikan warning agar mulai saat ini harus dilakukan terobosan dan inovasi agar hal tersebut tidak terjadi. Upaya yang bisa digalakan adalah mendorong petani milenial untuk tumbuh dan berkembang.

“Jangan sampai di masa depan kita bergantung ke negara lain, Apalagi sekarang ada prediksi petani akan punah. Harus mulai dari saat ini diseriusi kembali agar prediksi tersebut tidsk terjadi,” imbuhnya.

PDIP sambung Bambang sudah melakukan gerakan untuk mendorong tumbuhnya pertanian dengan cara mengembangkan bibit dan benih unggul padi MSP untuk masyarakat. Upaya tersebut tambah Bambang harus didukung semua elemen agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Bukan saya anti industri manufaktur, tapi ada yang lebih penting dari semua itu yakni menjaga keberlangsungan petani dan lahan pertanian untuk menjaga kedaulatan pangan,” jelasnya. (dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *