Kultum Radar Cirebon: Kriteria Teman yang Baik

oleh -71 views

CIREBON – Memilih teman akan menentukan masa depan kita, baik di dunia dan akhirat. Karenanya di Bulan Ramadan, juga menjadi momentum untuk meningkatkan level pertemanan dengan orang-orang baik.

Hal itu diungkapkan, Pengasuh Pondok Pesantren Al Kautsar Cilimus, Ustadz Ahmad Fauzan, dalam Mutiara Ramadan di Youtube Radar Cirebon Channel.

“Sesuatu yang diperhatikan dalam puasa kebaikan kepada Allah, sesama manusia dan mahluk,” kata Fauzan, dalam ceramahnya.

Disampaikan dia, pada bulan Ramadan ini, agar semua umat berusaha untuk naik ke level yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah dengan mencari teman yang baik. Teman yang mengajak kepada kebaikan. Juga berteman atas dasar ketakwaan.

Baca juga: Kultum Radar Cirebon: 3 Tingkatan Orang Berpuasa

Fauzan mengungkapkan, dalam hadist diriwayatkan, pada saat hari kiamat semuanya seperti akan bermusuhan. Termasuk mereka yang tadinya berteman dengan kita. Ini dikarenakan kekhawatiran akan saling menjatuhkan.

Dan ini terkait amalan selama hidup. Berkaca dari hadist itu, hendaklah untuk mencari teman yang baik. Teman yang di kehidupan akhirat nanti saling menolong, dan saling memberikan syafaat.

Menurut dia, setidaknya ada 3 kriteria teman yang baik tersebut, yakni.

Pertama, orang yang ketika dipandang, dilihat bisa mengingatkan kepada Allah SWT. Kedua, orang yang berbicaranya dapat menambah ilmu kepada kita.

Ketiga, amal perbuatannya, menambah kita semangat beramal akherat.

“Ini adalah orang yang harus kita jadikan sebagai teman, karena seseorang itu tergantung pada pergaulannya,” tandasnya.

“Teman itu menentukan kehidupan kita,” pungkas Ustadz Fazan. (yud/brd)

*Ceramah ini dapat disaksikan di Youtube Radar Cirebon Channel dengan klik di LINK ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *