HIMAPMI IAIN Syekh Nurjati Helat CROWS di Sindang Jawa

oleh -99 views
himapmi-iain-syekh-nurjati
Kegiatan CROWS HIMAPMI IAIN Syekh Nurjati.

CIREBON –  HIMAPMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan CROWS (creativity in empowerment of society) sekaligus bakti sosial di Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Dengantema: “Bersama PMI, Berkarya, Berdedikasi, dan Berdikari dengan solidaritas tinggi.”

Yang dilaksanakan juga dalam rangka memperingati HUT ke-10 jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 27 April hingga 02 mei 2021.

Rangkaian CROWS diawali dengan pembukaan acara secara virtual via Zoom dan dilanjut dengan perlombaan-perlombaan.

Terdapat 5 jenis perlombaan yang dilombakan yakni Perlombaan Cipta Essay, Cipta Puisi, Tari tradisional, Poster Digital dan Bernyanyi Solo. Perlombaan tersebut dibuka untuk semua mahasiswa/I di lingkungan Fakultas UAD, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia.

Adapun kegiatan lain berupa bakti sosial. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk dari implementasi pengabdian masyarakat sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Desa Sindang Jawa sebagai Desa MOU yang telah bekerjasama dengan pihak Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi kesehatan, Pengajian Anak-anak, Lapak Buku, Tadarus, Santunan dan Buka Bersama. Acara santunan dan Buka bersama dengan anak yatim/piatu ini disponsori oleh PT Arrofiq Tour & Travel yang memfasilitasi wisata domestik, haji dan umrah.

Sosialiasasi Kesehatan ini ditujukan kepada ibu-ibu PKK dan Remaja masjid, kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Sindang Jawa, dan dibawakan oleh Satgas Pembentukan dan Pemberdayaan Relawan PMI, Jawa Barat  yaitu Bapak Muhammad Rizqi MPd. Sosialisasi ini mengusung tema “Manajemen Kelompok Rentan”.

Kegiatan Pengajian anak-anak, dan Lapak Buku ditujukan kepada anak-anak di Desa Sindang Jawa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat mengaji dan literasi membaca. Kemudian Kegiatan Operasi semut dengan membersihkan lingkungan balai desa dan masjid.

Di akhir acara sekaligus sebagai penutup dari rangkaian acara CROWS (Creativity In Empowerment Of Society) menyelenggarakan santunan dan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu, perangkat desa, serta tamu undangan. (yud/rls)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *