TPAKD Punya Tugas Percepat Pemulihan Ekonomi

oleh -19 views
DIKUKUHKAN: Pemkab Cirebon mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) untuk mendukung pemulihan ekonomi, kemarin (4/5). FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Akses masyarakat terhadap layanan keuangan perbankan maupun daerah perlu ditingkatkan. Hal ini untuk mempercepat pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di Kabupaten Cirebon di masa pandemi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg saat mengukuhkan Tim percepatan akses kuangan daerah (TPAKD) Kabupaten Cirebon dipendopo Bupati Cirebon. Menurut Imron pemerintah sudah menyiapkan berbagai kemudahan untuk masyarakat agar mudah mengakses layanan perbankan dan keuangan daerah.

“Hari ini kita kukuhkan tim untuk percepatan akses layanan keuangannya. Ada beberapa progran yang digulirkan salah satunya lewat program kredit tanpa agunan,”ujarnya.

Ditambahkannya, hal tersebut untuk membuka akses keuangan yang lebih produktif. Dengan begitu upaya pemulihan perekonomian semakin cepat dilakukan. Selain itu kata dia, hal tersebut juga sebagai upaya unyuk mendorong para lembaga jasa keuangan agar lebih aktif dalam merespons kebutuhan masyarakat.

“Tim ini akan dikoordinatori oleh Pak Sekda. Ada juga dari perwakilan Pemkab, Perumda, BPR dan bank daerah lainnya,” imbuhnya.

Fungsi tim ini adalah untuk melakukan evaluasi dan identifikasi akses keuangan di Kabupaten Cirebon melakukan perumusan rekomendasi akses keuangan daerah, implementasi akses keuangan dan memberikan masukan dan peluang serta  tantangan keuangan daerah.

“Tim ini juga akan melakukan pengoordinasian akses keuangan, melakukan monitring akses keuangan dan melakukan pelaksanaan fungsi pembinaan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala OJK Cirebon, Budi Arif Wibisono dalam sambutannya mengatakan tim ini dikukuhkan dengan semangat mempercepat pemulihan ekonomi dengan mempermudah akses layanan keuangan daerah.

“Secara nasional tim ini audah ada di 32 TPAKD ditingkat Provinsi dan baru ada di 122 Kota dan Kabupaten dimana salah satunya di Kabupaten Cirebon,”ungkapnya. (dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *