At-Taqwa Rutin Bagikan Takjil selama Ramadan

oleh -67 views
At-Taqwa-Rutin-Bagikan-Takjil-Ramadan
Panitia Ramadan At-Taqwa Center membagikan takjil kepada masyarakat yang mengikuti salat di Masjid At-Taqwa, Kota Cirebon. FOTO: JERRELL ZEFANYA T

CIREBON – Masjid At-Taqwa yang dulunya memiliki sebutan Tajug Agung, kembali mengadakan kegiatan yang rutin setiap tahun digelar, yakni pembagian takjil pada menjelang buka puasa. Takjil tersebut berupa kolak, kurma, air, ataupun nasi kotak yang sudah disiapkan Panitia Ramadan.

Menurut, Ade Saputra, Ketua Pelaksana Panitia Ramadan Masjid At-Taqwa, dalam 30 hari Ramadan akan diadakan pembagian takjil dari pukul 17.00 WIB hingga menjelang adzan magrib. Pembagian takjil tahun ini juga dikurangi yang sebelumnya 500 paket menjadi 250 paket.

“Yayasan At-Taqwa Center kembali mengadakan pembagian takjil sejumlah 250 paket dari 17.00 WIB hingga menjelang adzan maghrib,” ujarnya.

Pembagian takjil ini sendiri menggunakan dana dari para donatur, pemerintah, dan juga dana Yayasan At-Taqwa Center. Selain itu, terdapat masyarakat yang memberikan bantuan berupa uang dan juga takjil berupa kolak.

Dalam pembagiannya sendiri, At-Taqwa memberikan takjil secara bertahap. Pertama, pada saat jamaah datang diberikan kurma dan air. Kemudian dilanjutkan menjelang magrib dengan membagikan nasi dari jamaah yang duduk di depan hingga ke belakang.

Dikarenakan, volume yang datang lebih banyak daripada yang disediakan panitia, sehingga diutamakan bagi yang mengikuti ceramah. Namun, bagian yang belakang tetap mendapatkan kurma dan air untuk membatalkan puasa.

“Pembagian sendiri dimulai saat jamaah datang dengan membagikan kurma dan air. Kemudian dilanjut menjelang maghrib dengan membagikan nasi kotak,” imbuhnya.

Perlu diketahui, dalam masa pandemi Covid-19, At-Taqwa hanya mengadakan Salat Tarawih menggunakan surat-surat pendek, bukan dengan satu juz Alquran.

Selain itu, At-Taqwa membatasi para jamaah yang ingin menunaikan ibadah shalat di masjid ini. Hal tersebut karena Indonesia masih berperang menghadapi pandemi. (Jerrell)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *