Hadang Arus Balik Pemudik, Begini Usul Menteri Perhubungan

oleh -264 views
pos-penyekatan-kabupaten-cirebon
Kendaraan dengan plat nomor luar kota dihentikan di Pos Penyekatan Plered, Kabupaten Cirebon. Foto: Dedi Haryadi/Radar Cirebon

JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengusulkan upaya untuk menahan arus balik pemudik. Usul itu disampaikan kepada Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Yaitu, dengan melakukan test Covid-19 secara besar-besaran. Menurutnya, hal itu sebagai langkah antisipasi pemerintah untuk menghadang pemudik, terutama yang melalui jalur darat.

“Kami usulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat yang konsentrasi (pemudik)-nya besar seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan yang dari Sumatra di Bakauheni,” kata Menhub, Selasa (11/5/2021).

Budi menuturkan, bahwa tes Covid-19 nantinya dapat dilakukan bagi pemudik yang melalui jalur darat. Adapun dari jalur lain seperti udara dan kereta api, syarat untuk ke Jabodetabek diperketat seperti masa sebelum Lebaran.

“Kami usulkan pula kepada Menko Perekonomian dan Menkes untuk memberikan tes Covid-19 gratis bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui darat,” ujarnya.

Kenatri demikian, Budi juga mengimbau, kepada pemudik untuk menunda kepulangan ke Jabodetabek. “Saya juga mengimbau masyarakat untuk menunda kepulangan supaya tidak menimbulkan penumpukan,” pungkasnya. (der/fin)

Baca juga:

Perang Harga BBM di Indonesia, Siapa Harga Terbaik?

Antisipasi Lonjakan Kasus, Kabupaten Cirebon Siapkan Isolasi Covid-19 di Desa

Kecelakaan Horor Depan Lotte Mart By Pass, Mobil Pick Up Terpelanting Diseruduk Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *