Lapan Sebut Hilal Mustahil Terlihat, Idul Fitri Hampir Pasti Kamis 13 Mei

oleh -636 views
pemantauan-hilal-pantai-baro-gebang
Kepala Kemenag Kanwil Jabar, Dr H Adib, melakukan pemantauan hilal di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, beberapa waktu lalu. Foto: Deny Hamdani/DOK/Radar Cirebon

CIREBON – Idul Fitri atau lebaran diprediksi diputuskan jatuh pada Kamis tanggal 13 Mei 2021. Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) menyebut bahwa hilal tidak akan terlihat hari ini atau pada Ramadhan ke 29.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengungapkan alasan mengapa hilal belum akan terlihat hari ini. Kondisini ini karena posisi bulan masih terbenan atau ketinggian minus.

“Saat Maghrib nanti mustahil hilal terlihat, karena Bulan sedang terbenam atau ketinggian minus,” kata Thomas seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

Alumni SMAN 2 Kota Cirebon tersebut menambahkan, dalam posisi minus, tentu saja hilal tidak akan terlihat. Bahkan bila ada saksi yang mengaku melihat, juga akan ditolak hakim dalam sidang isbat.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), Sidang Isbat akan dilakukan sore ini. Dan dapat diikuti secara daring.

“Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring,” terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim, menyebut, dalam menerapkan metode rukyah, diketahui terdapat 88 titik yang akan dijadikan tempat untuk memantau rukyatul hilal. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *