Batalion Sepik Siap Perang dengan Indonesia, Begini Kata Pemerintah Papua Nugini

oleh -2.100 views
batalion-sepik
Batalion Sepik.

PAPUA – Batalion Sepik yang menyatakan akan membantu perjuangan OPM di Papua Barat dinyatakan organisasi kriminal oleh Pemerintah Papua Nugini (PNG).

Dalam rilis videonya, batalion Sepik menyatakan akan bertekad membela kelompok “Teroris” Papua Barat untuk merdeka dari Indonesia.

Pernyataan tersebut membuat geram Menteri Luar Negeri PNG Soroi Eoe kemudian mengatakan bahwa tindakan kelompok tersebut bersifat kriminal dan sedang diselidiki oleh lembaga pemerintah.

Tidak hanya Menlu PNG, Komandan Pasukan Pertahanan PNG, Mayor Jenderal Gilbert Toropo juga menegaskan kepada seluruh warga PNG agar tidak mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.

“Warga negara PNG seharusnya tidak melibatkan diri dengan orang Indonesia dan permasalahan internalnya,” ujarnya.

“Ini adalah elemen kriminal, yang sangat bertentangan dengan pendirian nasional kita dengan tetangga terdekat kita, Indonesia,” kata Mayjen Toropo seperti dikutip Info Komando dari Post Courier, Selasa (11/5/2021).

“Saat ini kami bekerja sama dengan lembaga penegak hukum untuk menangkap para penjahat ini (Batalion Sepik) karena membentuk kekuatan ilegal di PNG untuk menantang Indonesia dan pasukan militernya,” imbuh jenderal tersebut. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *