Reaktif Covid-19, Dua Pemudik dari Kuningan dan Brebes Dipulangkan dari Pos Penyekatan Rawagatel

oleh -1.117 views
pos-penyekatan-rawagatel-cirebon
Petugas melakukan pengambilan sampel swab kepada pemudik di Pos Penyekatan Rawagatel. Foto: Dedi Haryadi/Radar Cirebon

CIREBON – Dua orang pemudik asal Kabupaten Kuningan dan Brebes positif atau reaktif covid 19 berdasarkan hasil swab antigen. Mereka diputar balik petugas Polresta Cirebon untuk dipulangkan ke daerah asal.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengungkapkan, dua pemudik tersebut telah dikoordinasikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kuningan maupun Brebes untuk ditangani lebih lanjut.

“Kita kirim KTP-nya ke Dinkes Kuningan dan Brebes, supaya nanti dites ulang PCR. Apakah negatif atau positif covid-19 dan ditangani sebagaimana mestinya,” ujar Kapolresta Cirebon, kepada radarcirebon.com, Sabtu (15/5) 2021).

Diungkapkan kapolresta, hingga siang ini sudah 55 pemudik yang melakukan perjalanan arus balik menjalani tes acak dengan swab antigen. Dari 55 ada 2 orang yang reaktif.

“Kita hanya ingin memastikan pengendara yang arus balik negatif covid-19. Kita lakukan acak, nanti di Indramayu, Subang, dan berikutnya ada tes acak lagi,” tuturnya.

Setiap harinya, kata dia, selama arus balik disiapkan antara 100 hingga 300 perangkat swab antigen untuk tes acak pemudik dan perangkat ini telah ditempatkan di Pos Penyekatan Rawagatel.

“Jadi di sini tidak ada pemudik yang diputar balik. Kami hanya pemeriksaan surat bebas covid-19, yang sudah diperiksa akan diberikan stiker,” tuturnya.

Sedangkan pemudik yang membawa surat negatif covid-19 berdasarkan antigen maupun PCR, akan dipersilakan melanjutkan perjalanan. Sebelumnya, kendaraan mereka akan ditempeli stiker sebagai penanda telah diperiksa. (rdh)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *