Lewat WA Bupati Kuningan Minta Sumbangan, Ternyata…

oleh -278 views
whatsapp-palsu-bupati-kuningan
WhatsApp palsu Bupati Kuningan, Acep Purnama.

KUNINGAN – Warga Kuningan dan sekitarnya diminta berhati-hati atas beredarnya akun WhatsApp (WA) mengatasnamakan Bupati H Acep Purnama.

Akun WA bernomor 0821310922980 dengan nama bupati Kuningan tersebut dipastikan palsu. Akun ini disinyalir modus penipuan, berbekal nama Acep Purnama beserta foto profilnya.

Pemegang akun itu melakukan penggalangan donasi untuk pesantren dan yayasan, sekaligus permintaan kegiatan yayasan dengan mencantumkan nomor rekening.

Atas kejadian ini, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH langsung memberikan klarifikasi. Ia menegaskan, dengan munculnya akun WhatsApp atas nama Acep Purnama berikut foto profilnya, dipastikan bahwa akun ini palsu.

“Untuk itu, jika ada hal-hal yang mencurigakan dengan mengatasnamakan akun resmi Acep Purnama, mohon untuk hati-hati dan bisa diabaikan,” kata Acep, kepada Radar Kuningan.

Dengan adanya kejadian ini, Bupati Kuningan mengingatkan, kepada masyarakat yang menggunakan media sosial apapun, untuk tidak mudah percaya terhadap beredarnya akun palsu tersebut, meskipun dengan nama dan foto profil yang sama.

“Untuk itu, saya sandingkan akun WhatsApp yang digunakan dengan yang mengatasnamakan, agar lebih berhati-hati,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Anwar Nasihin SKom MSi, meminta warga lebih hati-hati dalam menggunakan medsos.

Selain mewaspadai hoaks dan informasi yang berisi ujaran kebencian, Anwar menegaskan agar masyarakat jangan percaya begitu saja terhadap berbagai akun yang mengatasnamakan seseorang, karena akun-akun tersebut berpotensi melakukan penipuan yang dapat merugikan masyarakat.

“Masyarakat jangan percaya begitu saja apabila ada akun facebook atau akun medsos yang lain mengatasnamakan Bupati Kuningan atau pejabat publik lainnya. Akun resmi dapat dilihat langsung dari profil dan juga postingan para pejabat publik di media sosial, seperti akun resmi dinas,” imbau Anwar.

“Akun Whatsapp dengan nomor 0821310922980 atas nama Acep Purnama dipastikan bahwa akun ini palsu,” tegasnya. (muh)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *