PT KAI Daops 3 Cirebon Perluas Layanan GeNose, Buka di Stasiun Haurgeulis dan Brebes

oleh -25 views
Layanan-GeNose
PT KAI Daops 3 Cirebon membuka pelayanan pemeriksa Tes GeNose C-19 di Stasiun Haurgeulis Indramayu dan Brebes Jawa Tengah. Foto: Istimewa

CIREBON – PT KAI Daops 3 Cirebon memperluas pelayanan pemeriksa tes GeNose C-19. Kali ini Stasiun Haurgeulis Indramayu dan Brebes Jawa Tengah membuka pelayanan pemeriksa tersebut.

Layanan pemeriksa Tes GeNose C-19 ini merupakan kerjasama antara PT KAI Daop 3 Cirebon bersama PT Farmalab.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto kepada radarcirebon.com mengatakan, pelayanan pemeriksa Tes GeNose C-19 tersebut dengan tarif Rp30 ribu.

“Untuk pelayanan pemeriksa Tes GeNose C-19 di Stasiun Haurgeulis dimulai dari pukul 07.30 hingga 17.00 WIB. Sedangkan di Stasiun Brebes dimulai dari pukul 08.00 hingga 17:00 WIB. Dengan adanya penambahan ini, total stasiun di wilayah tugas PT KAI Daop 3 Cirebon pada akhir bulan Mei 2021, sudah sebanyak 5 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Ke tiga stasiun sebelumnya yang telah melayani pemeriksaan GeNose C-19 tersebut yakni Stasiun Kejaksan Cirebon, Stasiun Prujakan Cirebon dan Stasiun Jatibarang,” katanya, Kamis (20/5).

Dijelaskan Suprapto, Tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR merupakan salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA jarak jauh.

“Jadi bagi penumpang yang hendak naik kereta api wajib menunjukkan surat keterangan negatif dari hasil Tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen maupun RT-PCR. Untuk saat ini layanan pemeriksaan GeNose C19 di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon menjadi primadona pilihan para penumpang di dalam mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid-19, ini bisa terlihat dari semakin meningkatnya jumlah calon penumpang yang memeriksa diri. Hasil pemeriksaan GeNose C19 dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh,” jelasnya.

Suprapto menuturkan, tercatat selama Maret hingga Mei 2021, jumlah penumpang kereta api yang mengunakan layanan Tes GeNose mencapai 23.223 orang. Sementara yang menggunakan layanan Rapid Test Antigen berjumlah 3.763 orang.

“Diharapkan dengan kehadiran layanan ini, bisa menjadi alternatif pilihan lokasi pelayanan bagi para penumpang. Nantinya para penumpang bisa memilih layanan GeNose yang terdekat dengan stasiun keberangkatannya dalam mendapatkan surat bebas Covid-19,” pungkasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *