Anies dan Ridwan Kamil di Sumedang, Pengamat: Jawa Barat Lumbung Suara Terbesar

oleh -142 views
ridwan-kamil-anies
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan saat di Sumedang, Jumat pagi (11/6). Foto: Pemprov Jabar

JAKARTA – Pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) di Sumedang Jumat pagi (11/6) dikaitkan dengan Pilpres 2024.

Sejatinya, Ridwan Kamil dan Anies bertemu untuk sama-sama hadir dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang terkait pengembangan potensi daerah.

Namun, tidak sedikit yang beranggapan kedua kepala daerah ini membahas Pilpres 2024 dalam pertemuan tersebut.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai wajar jika pertemuan Anies dan RK dikaitkan dengan Pilpres 2024.

“Masuk akal mengingat dua sosok ini memiliki elektabilitas tinggi sehingga peluang untuk nyapres sangat terbuka,” kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Jumat (11/6).

Namun, Jamiluddin melihat dua sosok ini tampaknya menyadari mereka bukanlah kader partai sehingga bisa saja pembicaraan melebar pada partai politik yang berpeluang mengusung mereka.

Penulis buku Perang Bush Memburu Osama itu melihat, secara personal Anies tentu memiliki agenda sendiri terkait kerja sama tersebut.

Pertama, mantan Rektor Universitas Paramadina itu ingin menunjukkan bahwa kerja sama antardaerah yang saling menguntungkan, sangatlah penting.

“Otonomi daerah jangan menjadi penghalang untuk saling bersinergi guna kesejahteraan bersama,” ucap Jamiluddin.

Kedua, pada sisi politis, Sumedang yang berada di Jawa Barat, tentu sangat strategis. Sebab, provinsi ini secara nasional memiliki jumlah pemilih terbesar.

Baca juga:

Ini Daftar Sembako yang Bakal Kena PPN 12 Persen

Si Kembar Asal Pulasaren Ditangkap BNN, Jual Obat Ilegal

Ini Nih, Begal yang Biasa Beroperasi di Pegambiran, Sudah Dibekuk Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *