Geger Pencurian Besi Tower SUTET di Kanci, Ini yang Dilakukan PLN

oleh -305 views
pencurian-tower-sutet-pln
Petugas PLN melakukan inspeksi pada tower SUTET di Kecamatan Kanci dan Mundu, Kabupaten Cirebon.

CIREBON – Kejadian Pencurian besi siku rangka SUTET yang terjadi di Kecamatan Kanci dan Mundu, Kabupaten Cirebon, membuat geger. Pasalnya, selain membahayakan juga berpotensi mengganggu pasokan listrik.

Pencurian tersebut terjadi pada SUTET Sunyaragi-Babakan, SUTT PLTU CEP – Sunyaragi, dan SUTT PLTU CEP-Brebes.

Atas kejadian itu, PLN UPT Cirebon melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan pengamanan terhadap aset ketenagalistrikan.

Seperti diketahui, bahwa pada (24/5/2021) lalu, PLN UPT Cirebon bersama Aparat Kepolisian berhasil menangkap 2 pelaku pencurian besi siku tower.

Setelah 3 hari berturut-turut melakukan patroli gabungan yang melibatkan tim PLN, pihak kepolisian, Line Walker dan Masyarakat setempat.

“Kami melakukan patroli pada malam hingga pagi hari. Alhamdulilah pada malam ke 3 patroli, 2 orang tersangka pencurian berhasil ditangkap, dan barang bukti sebanyak 126 batang besi siku berhasil diamankan,” ungkap Achmad Susilo, Manager UPT Cirebon.

Setelah kejadian tersebut, Tim PLN segera mengambil langkah korektif dengan melakukan pengukuran dan pabrikasi besi siku pengganti, yang kemudian dilanjutkan pemasangan.

Hingga hari ini, sebanyak 80 persen besi siku yang hilang telah kembali terpasang.

Guna mencegah kejadian serupa, Tim PLN UPT Cirebon meningkatkan frekuensi pelaksanaan inspeksi di ruas SUTT/SUTET.

Adapun selain melakukan inspeksi rutin pada siang hari, Tim PLN juga tetap melaksanakan Patroli gabungan bersama Pihak Kepolisian dan warga sekitar di malam hari.

Selain itu, Tim PLN juga melakukan pemasangan CCTV di sejumlah tower guna memberikan informasi real time ketika terjadi tindakan pencurian di tower tersebut.

Peristiwa pencurian besi siku tower adalah permasalahan yang serius. Pasalnya, kejadian ini bisa menimbulkan akibat fatal yaitu tower roboh.

Yang tentunya dapat membahayakan keselamatan warga sekitar juga mengganggu kelancaran penyaluran pasokan listrik.

Oleh karena itu, PLN menghimbau serta mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama menjaga aset PLN, serta bersedia melapor kepada petugas PLN. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *