Jangan Tunggu Ledakan Kasus Covid, segera Studi Vaksin untuk Anak

oleh -56 views
vaksin-covid-anak
Vaksin COVID-19 Sinovac.

JAKARTA – Anak anak hingga saat ini belum menjadi prioritas untuk mendapat vaksin covid 19. Dengan ketidakpastian penanganan kasus, kelompok ini rentan menularkan virus corona kepada keluarga.

Malaysia misalnya. Kini pemerintahnya didesak untuk segera melakukan studi pemberian vaksin kepada kelompok 3-17 tahun.

Mengingat Sinovac Biotech Ltd selaku produsen vaksin tersebut, sudah merekomendasikan penggunaan vaksin Covid untuk kelompok usia tersebut.

“Jangan ditunda lagi. Jangan tunggu kasus Covid pada anak-anak meningkat,” ujar mantan Presiden Asosiasi Medis Malaysia, Dr. NKS Tharmaseelan seperti dikutip New Straits Times, Sabtu (12/6).

Seperti diketahui, WHO juga telah menjamin dan merekomendasikan aspek keamanan vaksin Sinovac.

Efektivitas vaksin Sinovac dalam mencegah penyakit Covid bergejala pada mereka yang telah divaksin, disebut mencapai angka 51 persen. Dan mampu menangkis risiko gejala parah dan rawat inap hingga 100 persen.

Dalam sebuah penelitian di Kota Serrana di Negara Bagian Sao Paulo, Brasil Tenggara yang berpenduduk 45 ribu jiwa, terlihat penurunan jumlah kasus kematian hingga 95 persen, setelah pihak berwenang mengklaim telah memvaksinasi hampir seluruh orang dewasa di wilayah tersebut.

Associate Professor dari Universiti Putra Malaysia Dr Malina Osman sependapat. Pada saat krisis ini, prioritas vaksin tidak hanya untuk mengurangi jumlah orang yang terinfeksi atau kematian. Tetapi juga untuk melindungi semua individu dari infeksi.

“Kelompok ini berpotensi menjadi sumber penularan. Karena kebanyakan dari mereka biasanya menjadi perantara virus, namun tampak sehat. Atau hanya bergejala ringan,” lanjutnya. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *