Monumen Kereta Api di Jalan Siliwangi Dibersihkan, Ada Apa?

oleh -135 views
monuman-kereta-api-vdm-800-cirebon
Aksi bersih-bersih Minumen Kereta Api di Jl Siliwangi, Kota Cirebon.

CIREBON – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama 50 anggota komunitas pecinta KA dari Cirebon, Bandung, Semarang dan Jakarta mengadakan acara aksi bersih-bersih lingkungan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati dengan bersih bersih di Monumen KA Pemeliharaan VDM 800 GS, di trotoar Jalan Siliwangi, Kota Cirebon dan pembagian stiker himbauan selalu disiplin berlalu lintas di perlintasan.

Ferry, Ketua Komunitas Pecinta kerata api Edan Sepur Cirebon mengatakan, kegiatan tersebut bernamakan “#Dari Spoor (Jalan Rel KA/red) Menjadi Sedulur”.

“Kita dari komintas pecinta kereta api Edan Sepur wilayah Cirebon bersama perwakilan komunitas pecinta kereta api dari Kota Bandung, Semarang dan Jakarta, mengadakan acara bersih – bersih di sekitar lingkungan Jalan Siliwangi, terutama di monumen kereta api pemeliharaan VDM 800 GS yang menjadi icon kantor PT KAI Daop 3 Cirebon. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kita tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menggunakan sarung tangan dan sebelum kegiatan para peserta telah mempunyai surat bebas Covid-19,” katanya.

Dijelaskan Ferry, tema peringatan Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah Environment Restorasi atau Restorasi Lingkungan.

“Maksud dari Restorasi Lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia,” jelasnya.

Menurut Ferry, sejarah Hari Lingkungan Hidup sedunia berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup, kemudian dari pertemuan ini menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 2021.

“Semenjak itu, setiap 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia selalu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia guna menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu-isu lingkungan hidup,” ujarnya.

Sementara itu, Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon berharap kegiatan aksi bersih – bersih tersebut bisa menjadi momentum mengingatkan warga Cirebon khususnya, agar selalu menjaga kelestarian alam dengan meningkatkan kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Jadikan Kota Cirebon tercinta ini menjadi Kota yang bersih serta ramah lingkungan,”tuturnya. (rdh)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *