Akhiri Kutukan Semifinal, Inggris Jumpa Italia di Final Euro 2021

oleh -66 views
inggris-final-euro-2021
Selebrasi Harry Kane dan Skuad Timnas Inggris usai lolos ke Final Euro. Foto: UEFA

LONDON – Inggris akhirnya lolos ke Final Euro 2021 usai mengandaskan perlawanan Denmark 2-1. Tidak hanya itu, skuad Gareth Southgate berhasil mengakhiri kutukan semifinal dan akan berjumpa Italia di babak puncak.

Inggris kali terakhir merasakan semifinal kompetisi terbesar di Eropa pada 1996.

Tim asuhan Gareth Southgate ini melaju ke semifinal untuk kedua kalinya secara beruntun dalam kejuaraan besar, setelah sebelumnya juga melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018.

Namun sudah sekian lama, The Three Lions tak pernah merasakan final kejuaraan mayor.

Inggris kali ketiga merasakan semifinal Piala Eropa atau Euro sejak keikutsertaanya tahun 1968.

Pada Piala Eropa 1968, Inggris kalah 0-1 dari Yugoslavia di semifinal. Kemudian pada 1996, giliran Jerman yang menyingkirkan Inggris via adu penalti dengan skor 6-5, setelah sebelumnya bermain 1-1 di waktu normal.

Kemudian sejak 2016, Gareth Southgate menangani Timnas Inggris. Ironisnya, Southgate juga identik dengan babak semifinal.

Southgate membawa Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Sayangnya, Inggris kalah 1-2 dari Kroasia di babak tersebut. Kemudian di UEFA Nations League A 2018-2019, Inggris juga lolos ke semifinal.

Gareth Southgate adalah pelatih asal Inggris kedua yang memimpin The Three Lions ke semifinal Piala Dunia dan Euro, setelah Alf Ramsey pada 1966 dan 1968.

Sayangnya, Inggris lagi-lagi kalah, kali ini tumbang 1-3 di tangan Belanda. Karena itu, semifinal Piala Eropa 2020 merupakan semifinal ketiga Gareth Southgate dalam statusnya menangani Timnas Inggris.

Dan kali ini, Skuad Three Lions berhasil memupus kutukan semifinal dan akan berlaga di final melawan Italia. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *