Football’s Not Coming Home, Italia Juara Euro 2020

oleh -71 views
juara-euro-2020
Italia menjadi juara Euro 2020. Foto: Eufa

LONDON – Seruan fans Inggris Football’s coming home urung terjadi. Italia menggalkan obsesi ini, pasca memenangi laga lewat adu penalti dan menjadi juara Euro 2020.

Jargon ini disindir oleh Timnas Italia lewat akun Twitter resmi mereka: “It’s coming Rome!” tulis unggahan tersebut.

Football’s coming home adalah sebuah seruan yang kerap digunakan fans Inggris setiap kali tim nasional mereka berlaga di turnamen besar. Tak hanya Piala Eropa, namun juga Piala Dunia.

Kalimat “Football’s Coming Home” berasal dari penggalan lirik sebuah lagu berjudul “The Three Lions” yang dibawakan oleh grup musik The Lightning Seeds yang berkolaborasi dengan duo komedian bernama David Baddiel dan Frank Skinner.

Baddiel sebagai fan Chelsea dan Skinner selaku fan West Bromwich Albion menciptakan lagu ini pada tahun 1996 ketika Inggris menjadi tuan rumah Euro edisi tersebut. Lagu ini diharapkan menjadi suntikan semangat bagi skuad Inggris.

Meski demikian, lirik dari lagu ini sebenarnya menceritakan kekecewaan fans Inggris atas kegagalan The Three Lions menjuarai turnamen selama 30 tahun. Ya, trofi turnamen besar yang berhasil terakhir direngkuh Inggris adalah trofi Piala Dunia 1966.

Dikutip dari Evening Standard, Baddiel menjelaskan lagu ini menggambarkan pengalaman nyata menjadi penggemar sepak bola. Selain itu, ia ingin menceritakan tentang fans yang tetap setia mendukung Inggris kendati kecewa atas mereka gagal juara.

Dan dalam laga Euro 2020, fans Inggris harus kembali menelan pil pahit dan menyaksikan negara mereka kembali gagal juara.

Pertandingan final melawan Italia di Euro 2020 gagal dimenangi setelah draw di waktu normal. Laga pun harus dilanjutkan di adu penalti yang berhasil dimenangkan Italia. (yud)

Baca juga: