Puncak Ibadah Haji di Padang Arafah, Jamaah Terapkan Prokes

oleh -18 views
haji-arafah-2021
Pelaksanaan ibadah haji 2021 yang diikuti warga domestik dan ekspatriat di Arab Saudi. Foto: Haramain Sharifain

MEKKAH – Puncak ibadah haji berlangsung di Padang Arafah. Ribuan jamaha domestik Arab Saudi, mengikuti kegiatan tersebut dengan khusyuk.

Pemerintah Arab Saudi juga membatasi kapasitas jemaah yang bisa melakukan ibadah haji 2021. Tak hanya kapasitas, batasan usia pun telah ditentukan, yaitu maksimal berjumlah 60 ribu jemaah, usianya berkisar antara 18 hingga 65 tahun.

Puncak ibadah haji tahun ini berlangsung di Padang Arafah. Hari Arafah tertanggal 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Senin, 19, Juli, 2021.

Ribuan jamaah bergerak dan memadati Padang Arafah. Di Arafah, dari fajar hingga senja, jamaah haji akan menghabiskan waktu mereka untuk berdoa dan beribadah mencari pengampunan Allah SWT.

Berada di luar kota Mekkah, Padang Arafah merupakan tempat yang spesial. Di Padang Arafah, Nabi Muhammad SAW menyampaikan khotbah perpisahan untuk umatnya.

Diriwayatkan pula, bahwa di Padang Arafah ini pula Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali setelah mereka dikeluarkan dari surga.

Selama di Padang Arafah, jamaah haji akan melakukan wukuf atau kegiatan berdiam diri sambil memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Di hari ini, segala dosa akan terhapuskan.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, pelaksanaan ibadah haji 2021 hanya terbatas domestik Arab Saudi baik warga negara Arab Saudi dan para ekspatriat yang berada di sana. (yud)

Baca juga: