Gubernur: Kota Cirebon dan Kota Bandung Cakupan Vaksinasi Tinggi, Kematian Rendah

oleh -134 views
cakupan-vaksiniasi-jawa-barat
Korelasi vakupan vaksinasi covid-19 dan tingkat kematian di Jawa Barat.

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyampaikan perkembangan kasus covid 19. Cakupan vaksinasi Kota Cirebon dan Kota Bandung cukup tinggi, dan berkorelasi dengan kematian yang rendah.

Kang Emil menyampaikan, kabar baik dari penanganan covid-19 adalah BOR (keterisian rumah sakit) Jawa Barat (Jabar) turun menjadi 77,04 persen pada 20, Juli 2021.

“Tertinggi masih di Bodebek,” kata Kang Emil, dalam konferensi pers virtual yang diikuti radarcirebon.com, Rabu (21/7/2021).

Disampaikan gubernur, kasus kematian harian juga turun. Hal ini bisa dikatakan, PPKM Darurat cukup berhasil, karena pada 11 Juli cukup tinggi kematian dengan 269 sehari. Dan pada 20 Juli 2021, terdapat 70 kematian.

Kasus kematian covid-19 ini, kebanyakan karena komorbid tertinggi yakni, hipertensi, diabetes dan jantung.

“Jadi ini ada korelasinya. Vaksinasi rendah, persentase kematiannya tinggi. Kota Cirebon dan Kota Bandung yang vaksinasinya tinggi, kematiannya rendah,” papar gubernur.

Daerah dengan cakupan vaksinasi rendah dan kematian tinggi adalah Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Indramayu dan Kota Tasikmalaya.

Terkait dengan pemberlakukan PPKM Darurat, sebagian daerah di Jabar ada di level 3, tetapi melaksanakan PPKM level 4 sampai Minggu, setelah itu akan proporsional.

“Jadi relaksasi akan berjalan proporsional,” tuturnya. (yud)

Baca juga: