Kota Cirebon Kehabisan Peti Mati, Pasien Covid-19 Dimakamkan Hanya dengan Kantung Jenazah

oleh -260 views
peti-mati-kota-cirebon-habis
Petugas melakukan pemakaman pasien covid-19 dengan tidak menggunakan peti mati. Foto: IST

CIREBON – Peti mati untuk pemakaman pasien covid 19 di Kota Cirebon habis. Sehingga, mereka yang meninggal dalam kondisi terkonfirmasi di luar rumah sakit, kini hanya dilapisi dengan kantung jenazah.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar mengungkapkan, saat ini pemakaman pasien covid-19 hanya menggunakan kantung mayat.

Sebab, sudah tidak ada peti mati yang biasanya digunakan. “Kejadian ini saya dapat laporan tim pemulasaraan sudah tiga atau empat hari ini,” ujar Khaerul, kepada radarcirebon.com, Rabu (21/7/2021).

Diungkapkan dia, ketersediaan peti mati bukan habis karena tidak bisa membeli atau pengadaan. Tetapi yang memproduksi peti mati sudah tidak sanggup menangani pesanan.

Sementara itu, KPBD saat ini hanya memiliki sisa 50 kantung mayat. Karenanya, sudah menghubungi provinsi untuk membantu pengadaannya.

“Siang ini, saya distribusikan 30. Sekarang ini kita dari BNPB cuma punya 50, dan akan dibagikan ke tim pemulasaraan. Kita salurkan 30 dulu,” katanya.

KPBD telah mengambil langkah dengan MoU dengan PT Polytama Propindo sebagai distributor kantung mayat.

Khaerul menambahkan, perlu kewaspadaan setelah Libur Idul Adha, karena mobilitas nampak meningkat. Ini diprediksi 7 hari ke depan akan ada lonjakan kasus lagi.

“Kemarin kalau kita lihat itu ada pergerakan masyarakat cukup tinggi. Itu perlu diwaspadai, kita khawatir ada lonjakan lagi 7 hari yang akan datang,” tuturnya. (rdh)

Baca juga: