Paket Obat-obatan untuk Pasien Isoman

oleh -79 views
BANTUAN OBAT: Dandim Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menyerahkan paket obat Covid-19 kepada para Danramil untuk didistribusikan kepada pasien Isoman, Senin (19/7). FOTO: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Jajaran Kodim 0615 Kuningan membagikan 132 paket obat-obatan untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman), Senin (19/7).

Komandan Kodim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menyerahkan secara simbolis bantuan paket obat-obatan tersebut kepada para Danramil di halaman Makodim. Selanjutnya, para Danramil menyalurkannya kepada para pasien Covid-19 di wilayahnya sesuai dengan kondisi tingkat kegawatan gejala yang diderita.

“Total ada 132 paket obat Covid-19 kita bagikan untuk pasien isoman. Terbagi dalam dua paket berbeda berdasarkan tingkat kegawatan gejala yang diderita,” ungkap Dandim kepada awak media.

David menjelaskan, dua paket tersebut yakni Paket Isoman II sebanyak 66 paket untuk warga yang tengah menjalani isoman hasil swab PCR positif dengan keluhan demam disertai batuk kering. Adapun paket obatnya terdiri dari Oseltamivir, Paracetamol, Vitamin C, Vitamin D dan Zink tablet.

“Ada satu lagi Paket Isoman III sebanyak 66 paket diperuntukan bagi pasien isoman hasil swab PCR dengan gejala ringan. Yaitu yang mengalami demam disertai hilang indra perasa dan penciuman,” ungkap David.

Adapun obat Paket Isoman III ini, lanjut David, terdiri dari obat Azytromicin, Ambroxol, Vitamin C,  Vitamin D dan Zink. Setiap paket obat tersebut untuk dosis selama sepekan. “Ini kami bagikan secara gratis. Mudah-mudahan bantuan obat ini bisa mempercepat penyembuhan para pasien Covid-19 yang harus menjalani isoman di rumah,” ujarnya.

Bantuan obat tersebut, kata David, akan disalurkan oleh para Babinsa di tingkat desa. “Mereka yang lebih paham dan mengetahui kondisi warga di wilayahnya yang terpapar Covid-19 dan kini menjalani isoman. Insya Allah bisa tepat sasaran dan bisa diterima sesuai dengan peruntukkannya,” pungkasnya. (fik)