Ada yang Baru Dalam Layanan Tiket Kereta Api, Cek di Sini

oleh -92 views
Peningkatan pelayanan tiket Kereta Api melalui fasilitas Vending Machine Self Service Application (SSA).

CIREBON – Memasuki era digital, masyarakat mencari hal yang serba efisiensi dan instant. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon menjawab kebutuhan tersebut dengan melakukan pembaruan dan peningkatan pelayanan tiket Kereta Api melalui fasilitas Vending Machine Self Service Application (SSA).

Fasilitas Self Service Application (SSA) ini, adalah pengembangan dari fasilitas CIC (Check In Counter). Dimana pada fasilitas CIC sebelumnya, mesin pelayanan ini hanya berfungsi sebagai mesin cetak boarding pass saja.

Pada Vending Machine fasilitas SSA yang baru, selain berfungsi sebagai mesin cetak boarding pass, juga terdapat layanan fasilitas sebagai berikut: 1. CIC (Check In Counter) guna cetak tiket boarding pass secara mandiri, 2. Pemesanan / Go show Tiket KA Lokal, 3. Pemesanan/goshow Kereta Antar Kota (KA Jarak Menengah/ Jauh), 4. Proses Ubah Jadwal Tiket KA, 5. Pembatalan Tiket KA, 6. Informasi Seputar Vending Machine, 7. Tambah Tiket bagi Infant.

“Aplikasi ini merupakan pengembangan layanan RTS 4.0 guna diperuntukan melayani para penumpang yang sudah berada atau terlanjur ke stasiun dan belum mempunyai tiket. Dalam tahap permulaan ini, bagi proses pemesanan tiket KA, pelanggan KA baru bisa memesan tiket untuk keberangkatan pada hari-H dan tempat stasiun keberangkatan harus sesuai dengan tempat proses transaksi layanan SSA. Selanjutnya dalam proses pemesanan/ pembelian tiket KA, nantinya calon penumpang dapat melakukan proses pembayarannya melalui E-Walet ( Link aja , Ovo , Go Pay , Dana),” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, kepada radarcirebon.com, Jumat (23/7).

Suprapto menambahkan, bahwa Vending Machine ini, selain proses pemesanan tiket KA, para pelanggan jasa layanan KA juga bisa melakukan transaksi proses pembatalan tiket KA dan ubah jadwal tiket KA secara mandiri.

“Fasilitas Vending Machine SSA telah terdapat di 12 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, diantaranya Stasiun Cirebon Kejaksan, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Ketanggungan, Stasiun Ciledug, Stasiun Losari, Stasiun Babakan, Stasiun Arjawinangun, Stasiun Jatibarang, Stasiun Terisi, Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Pagaden Baru,” ujarnya.

Suprapto berharap dengan adanya penambahan fasilitas layanan ini bisa meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa Kereta Api dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Hal ini harus terus dilakukan dengan disiplin dan penuh kesadaran bersama, guna mencegah penyebaran Covid-19, serta mewujudkan transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu,”pungkasnya. (rdh)