Kurangi Sampah Plastik, Begini Upaya DLH Kota Cirebon

oleh -40 views
kantong-plastik-kesenden-DLH
Kadis LH Kota Cirebon Kadini didampingi Lurah Kesenden Ruliyanto menunjukkan kantong plastik program DLH Kota Cirebon, Jumat (23/7). FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Jumlah sampah di Kota Cirebon terus meningkat. Meski demikian, Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Kopi Luhur di Kota Cirebon masih sanggup menampung sampah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Cirebon, Kadini kepada radarcirebon.com, Jumat (23/7).

“Alhamdulillah kondisi di TPA Kopi Luhur hingga saat ini belum overload. Kita masih punya jangka lima tahun mampu menampung sampah dari Kota Cirebon,” ungkapnya.

Kadini menjelaskan, pihaknya saat ini gencar mengurangi sampah plastik.

“Dengan adanya program pengurangan sampah plastik maka InsyaAllah umur TPA Kopi Luhur dapat lebih lama lagi. Kami di DLH mempunyai program membatasi belanja menggunakan kantong plastik sekali pakai. Insyaallah tahun depan kami akan gulirkan programnya, mungkin juga perwalnya untuk itu,” jelasnya.

Terkait Pusat Daur Ulang (PDU) di Jl Pangeran Drajat, Kadini menuturkan, hingga kini PDU tersebut masih beroperasi.

“Hingga kini PDU di Drajat masih berfungsi, dan PDU ini yang akan menampung semua bank sampah di Kota Cirebon. Sekarang kami sedang membuat regulasi untuk Perwal operasional PDU ini. Untuk saat ini belum ada penambahan mesin daur ulang sampah. Kalau mesin yang rencananya didatangkan dari Jerman itu untuk di TPA Kopi Luhur yang berfungsi mendaur ulang sampah menjadi briket kalau tidak salah,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Ajakan Demo Jokowi End Game, Sengaja Mengorbankan Rakyat

Patroli Besar-besaran, Kapolresta Cirebon Bagi-bagi Duit hingga Beras

Indra Rudiansyah, Mahasiswa Indonesia di Balik Riset Astrazeneca, Mau Dipanggil Pulang Erick Thohir