Arab Saudi Buka Umroh, dari Indonesia Sudah Boleh, Tapi Harus Vaksin

oleh -61 views
Suasana di Kakbah, Mekah, Arab Saudi saat pandemi Covid-19. (Foto: Dok/Reuters)
Suasana di Kakbah, Mekah, Arab Saudi saat pandemi Covid-19. (Foto: Dok/Reuters)

RIYADH – Kerajaan Arab Saudi kembali membuka jamaah internasional untuk umroh. Termasuk dari Indonesia sudah boleh, pada 10 Agustus 2021.

“Masjid Raya siap menerima jemaah umrah,” kata Wakil Kepala Urusan Masjidil Haram, Saad bin Muhammad Al-Muhaimid yang dikutip dari Daily Star, Senin (26/7/2021).

Mulai dari 25 Juli, lembaga berwenang untuk mengeluarkan Visa untuk Umrah untuk masuk mulai dari 1 Muharram 1443 (10 Agustus 2021).

Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah membuka kembali tempat-tempat suci Islam untuk melakukan umrah mulai hari Minggu setelah akhir musim haji, menurut Saudi Press Agency.

Semua negara diperbolehkan melakukan penerbangan langsung kecuali sembilan negara yaitu India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan dan Lebanon yang mewajibkan karantina 14 hari di negara ketiga sebelum tiba di Arab Saudi.

Kemudian, ada persyaratan wajib vaksinasi terhadap Covid-19 dengan dosis lengkap Pfizer, Moderna, AstraZeneca atau J&J. Ini berarti dosis lengkap vaksin Sinovac dengan suntikan booster Pfizer, Moderna, AstraZeneca atau J&J.

Mereka yang berusia 18 tahun ke atas akan diizinkan.

Setiap peziarah diharuskan tiba melalui agen umrah terakreditasi oleh kementerian haji dan umrah Arab Saudi. (yud)

Baca juga: