Indonesia Benar-benar Menakutkan, Arab Saudi Hukum Warganya yang Nekat ke RI

oleh -28 views
negara-yang-dilarang-masuk-arab-saudi
Petugas mengukur suhu penumpang di Bandara Internasional Riyadh, Arab Saudi. Foto: Al Arabiya

RIYADH – Pemerintah Arab Saudi mengambil kebijakan tegas kepada warganya yang nekat bepergian ke negara zona merah covid 19 atau yang dilarang, termasuk di dalamnya Indonesia.

Mereka yang bepergian ke negara terlarang akan mendapatkan hukuman berat. Salah satunya adalah pemberlakuan cekal selama 3 tahun. Demikian bunyi pernyataan Kementerian Arab Saudi dilansir dari AFP.

Pernyataan tersebut merujuk kepada situasi pandemi covid-19 dan penyebaran varian delta. Pemerintah Arab Saudi tidak ingin varian ganas tersebut masuk ke negara mereka.

Berdasarkan larangan penerbangan pada Maskapai Arab Saudi, ada 16 negara yang dikategorikan zona merah atau dilarang. Yakni, Afghanistan, Argentina, Brazil, Mesir, Ethiopia, India, Indonesia, Lebanon, Afrika Selatan, Pakistan, Turki, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Larangan terbang maskapai Arab Saudi ke Indonesia dimulai sejak Februari 2021. Saat kasus Covid-19 di Indonesia makin menanjak, Arab Saudi bahkan melarang warganya masuk RI mulai 21 Juli.

Pembatasan itu bakal berlanjut sampai situasi stabil. Warga Arab Saudi yang saat ini berada di Indonesia diimbau untuk berhati-hati, menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi tinggi, menjaga semua tindakan pencegahan, dan kembali ke Arab Saudi secepat mungkin. (yud)

Baca juga: