Ribuan Santri Empat Ponpes Divaksin

oleh -7 views
SASAR SANTRI: Santri dan masyarakat mengikuti vaksinasi masal kerja sama PWNU dengan Polda Jabar di Aula IAIC Pondok Pesantren Cipasung. FOTO: diki setiawan/radar tasikmalaya

TASIKMALAYA – Polres Tasikmalaya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya menggelar vaksinasi masal terhadap ribuan santri dan santriwati di empat pondok pesantren (ponpes). Keempat pondok pesantren tersebut adalah di Cipasung, Sukahideung, Sukamanah dan Miftahul Huda Manonjaya serta pengurus PCNU Kabupaten Tasikmalaya.

Sekretaris PCNU Kabupaten Tasikmalaya Drs Abdul Wahid mengatakan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan atas kerja sama di tingkat Provinsi Jabar antara PWNU Jabar dengan Polda Jabar.

“Untuk pertama kalinya vaksinasi kerja sama PWNU dengan Polda Jabar dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya di empat titik,” terang Wahid di Pondok Pesantren Cipasung.

Menurutnya, vaksin Covid-19 di Ponpes Cipasung sebanyak 1.000 dosis, Ponpes Sukahideung 1.500 dosis, Ponpes Manonjaya 2.000 dosis dan Ponpes Sukamanah 500 dosis. “Sasaran vaksinasinya adalah para santri dan santriwati, para pengurus NU juga masyarakat di sekitar pondok pesantren. Total targetan vaksinasi adalah 5.000 orang,” jelasnya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR mengatakan, kegiatan vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. “Ini sebagai bentuk upaya kepolisian daerah Jawa Barat melalui Polres Tasikmalaya mencegah penyebaran Covid 19 di pesantren,” terang dia. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes mengatakan ada sekitar 4.500 santri yang akan divaksin dan menjadi prioritas, selain masyarakat dan pengurus NU. “Santri masuk kategori rentan terpapar Covid-19 hingga disarankan ikuti vaksinasi,” ungkapnya. (dik)