Pandemi di Inggris segera Berakhir, Sukses Vaksinasi Covid-19

oleh -4 views
london-bridge
London Bridge. Foto: iStockPhoto

LONDON – Pandemi covid 19 di Inggris diprediksi segera berakhir. Pasalnya, vaksinasi telah berhasil mengurangi efek buruk dari infeksi virus corona.

Epidemiolog Imperial College, Neel Ferguson mengatakan, hanya butuh beberapa bulan lagi untuk Inggris bebas dari pandemi. Sebab, vaksinasi covid-19 sudah berhasil menekan angka kematian dan keharusan pasien dirawat di rumah sakit.

“Efek vaksin sangat besar untuk mengurangi resiko rawat inap dan kematian dan saya pikir, saya yakin pada akhir September, Oktober kita akan melihat kembali sebagian besar pandemi,” kata Ferguson, kepada Reuters, baru-baru ini.

Infeksi baru pada awal Juli ternyata tidak menyebabkan lonjakan besar dalam kematian. Data menunjukkan kasus kematian menurun menjadi hanya 14 pada hari Senin, meski jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit.

Inggris juga sudah mulai mencabut aturan lockdown (penguncian wilayah) yang dilakukan pada Maret 2020. Keputusan tersebut dicabut Johnson pada 19 Juli 2021 untuk memulai lagi ekonomi.

Jika berhasil, contoh Inggris dapat menawarkan jalan keluar dari pandemi. Meski pertaruhan ini bisa gagal karena kemungkinan munculnya varian yang mampu menolak keampuhan vaksin hingga jika orang sakit memenuhi layanan kesehatan.

Ferguson mengatakan pada Oktober mendatang Inggris masih akan ada Covid-19. Tetap akan ada orang yang meninggal, namun sebagian besar pandemi akan dilupakan nantinya.

Sebagai informasi, kasus kematian di Inggris jadi salah satu yang tertinggi di dunia sejumlah 129.460 kasus. Meski begitu kasus baru harian pada gelombang saat ini memuncak pada 54.674 kasus pada 17 Juli, telah menurun pada hari Senin dengan 24.950 kasus. (yud)

Baca juga: