200 Pelajar SMP dan SMA Disuntik Vaksin Covid-19 di GOR Ranggajati

oleh -9 views
vaksinasi-anak-kabupaten-cirebon
Pemerintah Kabupaten Cirebon melaunching vaksinasi untuk anak usia 12 hingga 17 tahun di GOR Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kamis (5/8). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Memperingati Hari Anak Nasional tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Cirebon me-launching vaksinasi untuk anak usia 12 hingga 17 tahun di GOR Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kamis (5/8/2021).

Sebanyak 200 anak atau pelajar terdiri 100 orang untuk SMA dan 100 orangnya untuk SMP mengikuti vaksinasi massal untuk anak tersebut.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengungkapkan, peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian seluruh komponen masyarakat Indonesia, khususnya warga Kabupaten Cirebon.

Pada peringatan Hari Anak Nasional ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon melakukan vaksinasi untuk anak umur 12 sampai 17 tahun.

Diharapkan nantinya anak-anak yang sudah divaksin bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Pemkab Cirebon berkewajiban dalam memberikan keberpihakan pada kualitas anak-anak di Kabupaten Cirebon. Sebab anak-anak kita ke depannya merupakan pemilik masa depan negeri ini.

“Jika kita luput memberikan perhatian yang sungguh-sungguh maka aset yang besar ini akan berbalik menjadi beban yang tidak ringan,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Imron, dengan adanya vaksinasi ini diharapkan bisa mencegah penularan Covid-19 di kalangan anak-anak.

“Kita targetkan vaksinasi untuk anak-anak umur 12 sampai 17 tahun ini mencapai 3 ribu orang. Dan ini target satu minggu selesai,” katanya.

Pemkab Cirebon berencana akan melakukan vaksinasi untuk anak-anak secara luas di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Nanti kita akan door to door ke sekolah-sekolah untuk vaksinasi. Supaya target vaksin untuk anak-anak bisa tercapai. Misalkan nanti ada sekolah tatap muka kami di Kabupaten Cirebon sudah siap karena anak-anaknya sudah divaksin,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Cirebon Iyan Ediyana menjelaskan, pihaknya menargetkan vaksinasi hari ini (5/8) untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun tersebut mencapai 200 orang di antaranya 100 orang untuk SMA dan 100 orangnya untuk SMP.

Target pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini mencapai 3.000 orang. Bahkan kalau persediaan vaksin banyak bisa melebihi target yang ditentukan.

“Mudah-mudahan koordinasi yang baik dengan sejumlah pihak bisa memberikan kontribusi untuk anak-anak di Kabupaten Cirebon. Karena anak terlindungi Indonesia maju,” katanya.

Iyan menyebutkan, jumlah anak  di Kabupaten Cirebon dari umur 0 sampai di bawah 19 tahun mencapai 566 ribu lebih.

“Dari angka tersebut kami hanya memilah dari umur 12 sampak 17 tahun untuk divaksin,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih berpesan kepada anak-anak yang sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan sampai anak-anak yang sudah divaksin lalai untuk prokesnya. Tidak menutup kemungkinan juga kalau kita lengah kita juga bisa terkena Covid-19. Walaupun hanya enam persen tingkat kematiannya artinya kita jadikan semangat bersama untuk bagaimana target vaksinasi Kabupaten Cirebon bisa tercapai,” katanya.

Ia menuturkan, perhatian terhadap anak menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten Cirebon. (rdh)

Baca juga: