CIREBON – Pramuka Kabupaten Cirebon, menggelar peringatan hari jadi, dengan kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak di sejumlah sekolah.

Bupati Cirebon Drs H Imron, MAg mengatakan, bahwa hari jadi ke-60 Pramuka ini, memiliki tema, berbakti tanpa henti.

Oleh karena itu, dalam kondisi pandemic covid 19 di Kabupaten Cirebon, pihaknya sengaja menggandeng Pramuka, untuk terlibat dalam penanganan covid 19.

“ Yaitu dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak diseluruh sekolah di Kabupaten Cirebon,” ujar Imron, 14 Agustus 2021.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, Imron juga akan mengajak anggota Pramuka, untuk terlibat dalam hal lainnya, yang berkaitan dengan penanganan covid 19.

Bupati juga menegaskan, bahwa Pemkab Cirebon siap mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pramuka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheryawan mengatakan, bahwa kegiatan disinfektan ini, terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui BPBD, dengan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Cirebon dan Cirebon Power.

Karena menurut Alex, seluruh disinfektan yang didistribusikan kepada Gugus Depan Se-Kabupaten Cirebon, merupakan bantuan dari Cirebon Power.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada Cirebon Power, yang siap memberikan disinfektan dalam jumlah berapapun, untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Mau ribuan literpun, Cirebon Power siap untuk Kabupaten Cirebon,” kata Alex.

Alex mengungkapkan, Pramuka ini bisa dijadikan sebagai solusi maker dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Cirebon.

Terbukti, pelaksanaan penyemprotan disinfektan secara serentak se Kabupaten Cirebon ini, bisa terkoordinir dengan baik oleh Pramuka.

Ada sekitar 6.000 liter lebih disinfektan yang didistribusikan untuk pelaksanaan penyemprotan serentak dalam rangka hari jadi parmuka ini.

Pihaknya berkoordinasi dengan Cirebon Power untuk melakukan distribusi disinfektan kwartir cabang.

Dari kwartir cabang disitribusika kepada Kwartir Ranting (Kwaran) dan dari Kwaran didistribusikan kepada gusus depan yang ada di masing-masing sekolah.

“Hari ini, mereka melakukan penyemprotans ecara serentak,” ujar Alex. (rdh)