Bayi Berkepala Dua Lahir di Tegal, Hanya Punya Satu Tubuh

oleh -177 views
bayi-berkepala-dua-di-tegal
Bayi kembar siam dengan dua kepala dan satu tubuh di Kabupaten Tegal. Foto: Tangkapan Layar via Detikcom

TEGAL – Bayi kembar siam berkepala dua satu tubuh lahir di RSUD dr Soeselo, Kabupaten Tegal, Jumat (20/8/2021) malam hari.

Bayi perempuan tersebut merupakan anak pasangan Rojikin (36) dan Mudirah (33). Yang tinggal di Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Bayi kembar siam itu, dilahirkan melalui proses cesar. Dan saat ini dirawat di ruangan perinatologi, karena berisiko tinggi.

“Keadaannya agak kurang baik, karena dua kepala satu tubuh,”kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Soeselo, Titis Cahyaningsih, kepada awak media.

Secara umum, kondisi bayi ketika dilahirkan memiliki bobot 3,3 kilogram dan panjang 46 centimeter. Dokter yang merawat kemudian memutuskan merujuk ke RS Kariadi, Semarang.

Terkait dilakukan pemisahan kepala dr Titis tidak bisa memastikan. Kalau satu tubuh dua kepala, dia menegaskan kesulitannya sangat tinggi.

Tetapi, tidak mungkin untuk tidak dilakukan pemisahan dan dibiarkan seperti itu, karena akan berisiko tinggi.

DUA KEPALA SEJAK USIA KANDUNGAN 4 BULAN

Sementara itu, Mudirah mengungkapkan, selama kehamilan dirasakan normal, sama seperti saat mengandung anak pertama dan kedua.

Dia juga rutin ke dokter kandungan satu bulan sekali. Namun, di usia kehamilan empat bulan, diketahui bahwa janin bayi yang dikandungnya memiliki dua kepala, melalui USG.

Kasus bayi kembar siam yang ditangani RSUD Soeselo Slawi merupakan kasus yang kedua, sebelumnya telah terjadi pada Tahun 2016 lalu. (yud/dtc)

Baca juga: