Anies Dikecam Bakar Dupa di Vihara, Tokoh Tionghoa: Itu Bukan Sembahyang

oleh -744 views
anies-bakar-dupa
Anies Baswedan memasang dupa atau hio di Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta Barat. (tangkapanlayar)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terekam kamera sedang memasang dupa atau hio di Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta Barat pada Ahad 5 September 2021 lalu.

Video itu tersebar di media sosial. Warganet langsung heboh mengecam aksi Anies Baswedan.

Dalam video, Anies terlihat memasang dupa yang telah dibakar. Kemudian mundur beberapa langkah dan menghadap dupa yang terpasang itu beberapa detik.

Sikap Anies Baswedan itu dicibir lantaran netizen menganggap Anies Baswedan disebut melakukan berbagai cara demi Pilpres 2024 hingga bertentangan dengan akidah Islam.

Menanggapi itu tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma mengatakan, Anies Baswedan melakukan itu bukan untuk menyembah atau sembahyang.

Anies datang dan berkunjung ke Vihara dengan kapasitas sebagai Gubernur.

“Bukan baru kali ini Anies datang ke vihara atau rumah ibadah agama lain. Sebelumnya dia juga pernah datang ke gereja dan pura. Dan Anies tidak datang untuk beribadah, tapi dalam kapasitasnya sebagai gubernur Jakarta yang penduduknya terdiri dari berbagai suku dan agama,” kata Lieus kepada wartawan, Selasa (7/9/2021).

Lieus mengatakan, kunjungan Anies ke Vihara sebagai bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta, karena pengurus Vihara selama ini kerap membantu dalam menyukseskan vaksinasi di Jakarta.