Gedung BAT Mau Dikelola Jatim Park, Begini Perkembangannya

oleh -6.158 views
bagian-dalam-gedung-bat-1
Bagian dalam Gedung BAT. Foto: Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

CIREBON – Gedung BAT di Jalan Pasuketan, Kota Cirebon dikabarkan akan direnovasi dan dikelola oleh Jatim Park sebagai wahana wisata. Bagaimana kabar terbaru kerja sama ini?

Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati mengungkapkan, pengelolaan Gedung BAT oleh Jatim Park merupakan kerja sama bisnis antara pemilik aset bangunan dengan calon investor.

“Perkembangan terbaru, pihak Jatim Park masih melihat. Karena ini kan kondisi pandemi,” kata Eti, kepada radarcirebon.com, Selasa (7/9/2021).

Dia berharap Jatim Park bisa benar-benar hadir di BAT untuk bisa menghidupkan kawasan sekitar. Pemkot Cirebon berharap, wisata ini bisa digabungkan dengan wisata Heritage Pelabuhan Cirebon, yang saat ini sedang direvitalisasi.

“Kalau sampai ini terjadi, bisa jadi kawasan wisata kota tua yang hidup,” katanya.

Eti juga berharap dukungan pemerintah provinsi, juga pusat. Sebab, aset ini sangat penting untuk Kota Cirebon karena tidak punya industri dan lainnya.

“Kita kan cuma mengandalkan pariwisata. Jadi pemkot sangat berharap ini bisa terwujud,” katanya.

Jatim Park, kata Eti, menggandeng pemilik BAT. Akan dibuat apa, pihaknya masih belum bisa menyampaikan. Sebab, harus banyak penyesuaian mengingat BAT adalah gedung cagar budaya.

“Pemilik dan Jatim Park sudah ada pertemuan lagi, tetapi tidak bisa menyampaikan ke publik terlebih dahulu,” tuturnya.

Pemkot, kata Wawali, hanya bisa memfasilitasi investor masuk. Diterima atau tidaknya Jatim Park, itu tergantung pemilik gedung. (rdh)

Baca juga: