Mendikbudristek Nadiem: Penyederhanaan Kurikulum Pendidikan Diujicoba ke Sekolah Penggerak

oleh -14 views
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makariem mengatakan, bahwa penerapan penyederhanaan dan penyempurnaan kurikulum pendidikan akan diujicobakan kepada Sekolah Penggerak.

“Kurikulum tersebut diujicoba kepada Sekolah Penggerak terlebih dahulu. Setelahnya, baru diberikan kepada sekolah lain yang mungkin ingin bergabung,” kata Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, dikutip Jumat (10/9/2021).

Nadiem mengungkapkan, tidak ada yang hal bersifat rahasia dari kurikulum baru yang disederhanakan dan disempurnakan tersebut. Hanya saja, kurikulum hasil penyederhanaan tersebut memang perlu dilakukan ujicoba terlebih dahulu.

“Jadi itu yang kita dapat di lapangan, mencoba mendapat masukan dari Sekolah Penggerak, apa feedback dari mereka, pengalaman mereka dari penyempurnaan kurikulum itu,” ujarnya.

Menurut Nadiem, penerapan di Sekolah Penggerak menjadi modal awal transformasi pendidikan dari segi kurikulum. Pemberian kurikulum yang disederhanakan dan disempurnakan bagian dari strategi Nadiem mengets kualitas kurikulum tersebut.

“Tidak ada rahasia bahwa prototype kurikulum yang kita tes. Kurikulum tidak akan dilihat, diamati, dievaluasi, yang terpenting bukan dari kami Kemendikbud dari Komisi X,” pungkasnya.(fin)