PMI Cirebon Siapkan 9.200 Vaksin dalam Vaksin Drive Thru

oleh -122 views
Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana sedang memaparkan rencana Vaksinasi Massal dengan metode drive thru di GOR Watubelah, Selasa (14/9) mendatang. (foto: istimewa)
Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana sedang memaparkan rencana Vaksinasi Massal dengan metode drive thru di GOR Watubelah, Selasa (14/9) mendatang. (foto: istimewa)

CIREBON – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, akan mengadakan kegiatan vaksinasi masal dalam rangka HUT ke 76 PMI, dengan sistem drive thru.

Kegiatan yang akan dilaksanalan di Sarana Olah Raga (SOR) Watubelah ini, rencananya akan dilaksanakan pada Selasa ,14 September 2021 nanti.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana mengatakan, bahwa kegiatan ini akan menyediakan sebanyak 9.200 vaksin, yang didapatkan dari sejumlah stakeholder.

“Tujuannya, untuk membantu pemerintah dalam menciptakan herd immunity,” kata Heviyana.

Ia menjelaskan, semua warga yang akan mengikuti kegiatan ini, harus menggunakan kendaraan roda empat. Dimana nantinya, satu kendaraan hanya bisa diisi oleh tiga orang.

Selama proses pelaksanaan vaksinasi berlangsung, seluruh warga yang ikut vaksin, tidak turun dari kendaraannya masing-masing.

“Pemeriksaan, skrining dan vaksinasi, semuanya didalam kendaraan,” kata Heviyana.

Ia juga mengungkapkan, alasan vaksinasi ini dilaksanakan dengan drive thru, yaitu untuk menghindari adanya kerumunan. Untuk pendaftaran vaksinasi ini, dilakukan di lokasi kegiatan.

“Tidak ada pendaftaran offline,” kata Heviyana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, menyambut baik rencana pelaksanaan vaksinasi drive thru ini. Karena menurutnya, untuk bisa mempercepat herd immunity, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Karena menurutnya, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon, baru mencapai sekitar 26 persen. Dari target 1,7 juta warga yang divaksin, baru sekitar 470ribuan. “Salah satunya, yaitu karena ketersediaan vaksinnya,” ujar Eni. (rdh)

Baca juga: