Membelah Bukit, Ini Penampakan Jalan Baru Kuningan, Ada Jembatan 50 Meter

oleh -22.885 views
jalan-baru-kuningan
Jalan Baru Kuningan yang mengarah ke Karangmangu. Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

KUNINGAN – Jalan Baru Lingkar Timur Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditarget segera rampung. Terutama akses dari Garatengah ke Kedungarum.

Dari pantauan radarcirebon.com, Minggu (12/9/2021), nampak akses jalan membelah bukit setelah perempatan Garatengah, Kecamatan Japara.

Akses jalan itu, cukup menanjak. Namun, jalan terusan yang akan menghubungkan menuju Kuningan Kota itu, berbeda dari sisi luas badan jalan.

Bila pada Jalur Sampora-Garatengah memiliki 4 lajut kanan kiri dan dipisah dengan median jalan, namun di sesi Garatengah-Kedungarum terlihat hanya dua jalur saja.

Adapun proses pengerjaannya dimulai pada Desember 2019 dengan total anggaran senilai Rp 97,37 miliar.

jalan-lintas-timur-kuningan
Persimpangan di Garatengah, Kecamatan Japara, yang merupakan bagian dari Jalan Lintas Timur. Foto: Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

Kontraktor pelaksananya PT Seneca Indonesia dan konsultan pengawas PT Seecons (KSO), PT Indec Internusa, dan PT Sinergi Teknik Utama.

Target penyelesaian proyek ini memang mundur dari jadwal karena faktor pandemi covid-19. Kemudian, adanya refocusing dan terhambatnya pembabasan lahan.

Pemerintah Kabupaten Kuningan telah membangun jalan sepanjang 6,5 kilometer. Sementara pemerintah pusat, 7,2 kilometer. Sehingga total panjang jalan baru ini mencapai 13,7 kilometer.

Sekarang ini, pekerjaan tinggal menyisakan 400 meter lagi. Namun medannya terlihat cukup sulit.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: