Singgung Peran Pemkab terhadap Organisasi ICSB

oleh -71 views
MUSDA ICSB: ICSB Regional Jawa Barat menggelar Musda di Bandung, kemarin. Hasilnya, ada sejumlah poin penting dalam menjalankan organisasi. FOTO: ICSB FOR RADAR CIREBON

CIREBON-Organisasi Indonesia Council for Small Bussines (ICSB) Kabupaten Cirebon masih eksis. Sayangnya, keberadaan organisasi ini belum 100 persen mendapat dukungan pemerintah. Padahal, ICSB fokus dalam meningkatkan peran pelaku usaha atau UMKM.

Belum lama ini, ICSB Regional Jawa Barat menggelar musda, di Bandung. Hasilnya, ada beberapa poin penting yang mesti ditekankan. Mengingat, musda merupakan bagian penting dalam memantapkan langkah organisasi di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Area ICSB Kabupaten Cirebon Periode 2021-2023, Hamzah Fansuri SH mengatakan, ICSB Indonesia harus saling menguatkan dari 4 pilar. Yakni, peneliti, akademisi, pemerintah dan pelaku usaha. Serta media sebagai penguat 4 pilar dan keterbukaan informasi.

Artinya ICSB fokus dalam meningkatkan peran pelaku usaha atau UMKM, baik dari SDM , networking serta akses permodalan. Hingga mendapatkan manfaat yang lebih baik baik dari bahan baku, produk kemasan serta akses pemasaran dan permodalan nya.

“Secara khusus ICSB Area Kabupaten Cirebon harus kuat dalam mengokohkan 4 pilar serta peran media, sebagai bentuk dorongan terhadap pelaku usaha dari mikro, kecil dan menengah sebagai peningkatan secara ekonomi serta UKM  bagian dari kooperasi,” ucapnya.

Ia berharap, secara khusus kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon dan semua dinas yang membidangi UKM di Kabupaten Cirebon untuk mendukung peran organisasi ICSB Area Kabupaten Cirebon.

Seperti halnya tagline whole of government. Bukan hanya dijadikan bahasa saja melainkan aktualisasi dan implementasi secara nyata. Pun bukan sebaliknya yang seolah menutup pintu dan alergi terhadap sebuah organisasi manapun.

“Perlu diingat keterbukaan informasi dan kolaborasi sangatlah penting untuk mencapai sebuah tujuan bersama dalam meningkatkan pelaku usaha,” kata Hamzah yang genap menjabat sebagai Direktur Area ICSB dua periode itu.

Ia mengaku, selama ini peran serta pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap organisasi ICSB masih kurang. Padahal, keberadaan sangat membantu pemerintah. “Faktanya, jauh dari harapan,” tandasnya.  

Seperti diketahui, sebelumnya, ICSB merupakan singkatan dari Internasional Council for Small Bussines. Kini, telah berganti nama Indonesia Council for Small Bussines.

Dalam Musda tersebut, sekaligus pelantikan Direktur Regional ICSB Jawa Barat, Perry Tristianto serta Direktur Area se Jawa Barat dengan masa bakti 2021-2023. Pelantikan itu dipimpinan langsung Presiden ICSB Indonesia, Jack Mursy. Dihadiri ICSB Global Hermawan Kartajaya, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa barat dan Dinas Koperasi Kabupaten Cirebon. (sam/opl)

BACA JUGA: