Awas, Ombak di Laut Cirebon Bisa sampai 3 Meter

oleh -535 views
dan-lanal-cirebon
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera.

CIREBON – Cuaca buruk bakal terjadi dalam beberapa hari ke depan. Tinggi ombak di perairan Laut Cirebon bisa mencapai 2 hingga 3 meter.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan, bahwa saat ini gelombang di perairan Cirebon cukup tinggi.

“Ketinggi gelombang di laut saat ini mencapai 2 meter hingga 3 meter lebih. Hingga kondisi ini sangat berbahaya bagi nelayan yang sedang melaut,” kata Afif, di Mako Lanal Cirebon, Rabu (15/9/2021).

Danlanal mengimbau para nelayan di wilayah Cirebon dan sekitarnya, agar lebih waspada saat melaut.

“Gelombang tinggi itu bisa membuat kapal nelayan terbalik sehingga membahayakan karena risikonya besar. Kami tidak bisa melarang nelayan melaut karena hal tersebut berkaitan dengan nafkah untuk keluarga,” katanya.

Pihaknya meminta nelayan agar lebih mewaspadai cuaca dan gelombang laut dan nelayan harus selalu memantau prakiraan cuaca yang dirilis BMKG.

Ditanya soal kecelakaan di laut, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera menyebutkan, hingga saat ini belum adanya laporan atau kejadian kecelakaan laut di perairan Cirebon.

“Hingga saat ini belum ada laporan kecelakaan laut di perairan Cirebon, ya kita berdoa jangan sampai terjadi. Kami (Lanal Cirebon) mewanti-wanti agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat para nelayan pergi melaut tanpa persiapan yang matang,”sebutnya. (rdh)

Baca juga: