Beredar Isu, Jadi Kepsek SMP di Kabupaten Cirebon, Rp 100 Juta di Sekolah Favorit, Bupati Bilang Begini

oleh -787 views
bupati-cirebon
Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg.

CIREBON – Kekosongan kepala sekolah (kepsek) di Kabupaten Cirebon dan rencana pengisian jabatan itu, dibarengi isu miring pungutan hingga ratusan juta rupiah.

Sumber Radar Cirebon menyebutkan, sejumlah kepsek dihubungi oleh pihak luar pemerintahan untuk menyetor sejumlah uang dengan nilai yang ditentukan.

Untuk jabatan kepsek SMP antara puluhan juta sampai ratusan juta.

Orang kuat di luar pemerintahan itu, menjanjikan nantinya calon-calon kepsek akan ditempatkan di beberapa sekolah yang dianggap favorit.

Bahkan, sumber Radar Cirebon juga diimingi jabatan kepsek dan tinggal menunggu keputusan bupati. Tapi keputusannya ada di pihak luar tersebut.

“Nanti tergantung nilai yang diserahkan, kalau mau sekolah favorit ya siap-siap 50 sampai 100 juta. Saya sempat bingung dan pusing juga darimana uang untuk tebus jabatan tersebut sementara jabatan kepsek hanya tinggal nunggu SK Bupati,” katanya.

Terpisah, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengaku, belum melihat atau menerima berkas terkait pengisian jabatan kepsek tersebut dari Dinas Pendidikan.

Menurut Imron, jika memang sudah lengkap berkasnya, maka ia tidak akan berlama-lama dan langsung menandatangani SK yang disodorkan oleh dinas pendidikan. “Saya belum lihat berkasnya, kalau sudah lihat otomatis saya akan tanda tangani langsung,” bebernya.

Imron pun meminta agar para calon kepala sekolah agar tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang luar yang menjanjikan bisa menuliskan posisi jabatan.

Pemilihan untuk pengisian kepsek tersebut murni berdasarkan dari hasil seleksi.

“Tidak ada bayar-bayaran, jangan percaya, tidak dipungut bayaran untuk seleksi ini,” ungkapnya. (dri)

Baca juga: