Kabupaten Cirebon Bersatu Untuk Indonesia Bersatu

oleh -42 views
bupati-cirebon
Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg.

PEMERINTAH Kabupaten Cirebon terus komitmen mewujudkan lingkungan sehat dan bersih. Pemerintah pun mengajak semua masyarakat melakukan aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati  World Cleanup Day (WCD) tahun 2021.

Aksi itu pun dilakukan secara serentak diseluruh dunia, Sabtu (18/9) besok. Yang melibatkan 13 juta orang. Tujuannya, memerangi masalah sampah secara global. Pun di Kabupaten Cirebon, mempunyai target Kabupaten Cirebon bebas sampah. Bersih dan Katon. Sesuai taglinenya, Cirebon Katon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon Dr Deni Nurcahya ST MSi mengatakan, secara nasional WCD tahun ini mengangkat tema bersatu untuk Indonesia bersih. Di Kabupaten Cirebon, ada beberapa agenda yang akan dihelat.

Mulai dari pembagian tong sampah di Desa Wilunglang, Kecamatan Susukan Lebak. Kegiatan pilah sampah di kantor DLH. Sampai sosialisasi penanganan sampah dan edukasi pengelolaan sampah bersama organisasi dan komunitas.

“Untuk puncak acara sendiri tepat di hari Sabtu (18/9). Meski demikian, rangkaian kegiatan WCD di Kabupaten Cirebon sudah berjalan sejak Kamis (16/9). Dan berakhir di hari minggu dengan kegiatan kerja bakti dan penanaman pohon di Kecamatan Waled sepanjang jalan desa,” ujar Deni kepada Radar, kemarin.

Menurutnya, puncak acara itu nanti akan dihadiri bupati dan wakil Bbupati Cirebon, serta ketua DPRD. Bahkan, peringatan WCD ini melibatkan 20 komunitas pencinta lingkungan. Diharapkan bisa memberikan pengaruh dan edukasi yang kuat dalam pengelolaan sampah.

“Momentum ini juga harus bisa menjadi semangat kita untuk mewujudkan Kabupaten Cirebon bersih dan katon. Sudah waktunya, ayo Berubah Ayo Berbenah, melalui aksi bersih-bersih Terbesar di dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan, untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat itu berangkat dari kesadaran masyarakat. Melibatkan banyak pihak, termasuk swasta. Artinya, bukan hanya mengandalkan pemeritah.

“Kita harus bersama-sama. Keroyokan menyelesaikan masalah sampah. Jadikan momentum WCD ini semangat untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” tandasnya. (sam)