Sorotan WHO Covid-19 Indonesia, Kabupaten Cirebon Masuk PPKM Level 4

oleh -174 views
who-situation-report-indonesia
Grafik peningkatan mobilitas masyarakat di Jawa Barat. Sumber: WHO Situation Report 72

CIREBON – WHO mengeluarkan situation report, terkait Covid-19 di Indonesia. Termasuk PPKM Level 4 yang diterapkan di 3 daerah, yang di dalamnya juga Kabupaten Cirebon.

Sorotan mengarah pada daerah ini, dikarenakan dalam PPKM berlevel menyisakan 3 daerah saja yang ada di level 4. Mengingat daerah lainnya sudah masuk level 3, bahkan 2.

Dalam Situation Report 72 atau yang dirilis pada, Rabu (15/9/2021), WHO menyebutkan bahwa ada 3 daerah di Indonesia yang menerapkan PPKM Level 4 yakni, Kabupaten Purwakarta, Brebes dan Cirebon.

Organisasi kesehatan dunia itu, juga menyoroti peningkatan mobilitas masyarakat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Yang levelnya sudah kembali seperti sebelum pandemi.

Peningkatan mobilitas ini, direkomendasikan WHO agar direspons pemerintah dengan antisipasi kemungkinan penularan COVID-19.

“Diperlukan rencana untuk mengantisipasi dan memitigasi kemungkinan dampak mobilitas terhadap transmisi dan kapasitas sistem kesehatan di tingkat nasional dan daerah,” demikian yang dikutip radarcirebon.com dari laporan WHO, Jumat (17/9/2021).

WHO rutin mengeluarkan situation report setiap pekan terkait kasus covid-19. Termasuk di Indonesia.

WHO menjelaskan analisis mobilitas penting menjadi perhatian untuk memantau kebijakan pergerakan orang selama pandemi.

Kendati demikian, WHO menyebut, positivity rate Indonesia yang mencapai puncak di pertengahan Juli dengan 30,5 persen, kini menurun drastis dengan capaian testing minimal di hampir seluruh provinsi Indonesia.

Selama minggu 6 sampai 12 September, proporsi positif menurun menjadi 4,0 persen dari 6,6 persen pada minggu sebelumnya. (yud)

Baca juga: