Disdik Janji Rehab Sekolah Rusak Lainnya

oleh -31 views
BELAJAR: Siswa SDN 2 Cangkoak terpaksa harus belajar di tenda darurat.

KABID SD Disdik Kabupaten Cirebon, Mustopa, mengaku pembangunan ruang kelas yang ambruk di SDN 2 Cangkoak sudah diajukan tahun ini melalui anggaran perubahan. “Rencananya sekitar Oktober 2021 sudah mulai dibangun. Alokasinya dari anggaran perubahan,” aku  Mustopa.

Mustopa mengatakan tak hanya SDN 2 Cangkoak. Tahun ini pihaknya juga akan merenovasi atau membangun ulang ruang kelas yang rusak berat di beberapa SDN lainnya. Antara lain ruang kelas di SDN 1 Cangkoak, SDN 1 Tuk, SDN 2 Arjawinangun, SDN 3 Winong, dan SDN 1 Kendal.

Untuk semua itu, kata Mustopa, memakan anggaran hingga Rp1,2 miliar. “Jumlah ruang kelas yang rusak di Kabupaten Cirebon cukup banyak. Perbaikan yang kita lakukan otomatis bertahap karena keterbatasan anggaran,” katanya.

Dijelaskan, jumlah total sekolah dasar di Kabupaten Cirebon berjumlah 874 sekolah yang terdiri dari 5.663 ruang kelas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 831 ruang kelas atau sekitar 14,67 persen dalam kondisi rusak berat. “Dan perbaikan akan kita lakukan secara bertahap. Untuk tahun 2021 target kita 9,91 persen dan rencana di 2022 tinggal 3,43 persen,” katanya. (dri)